Menanti Aksi Usain Bolt Asal India di Olimpiade Tokyo 2020

Minggu, 16 Februari 2020 20:21 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Kambala, olahraga tradisional asal India yang mirip karapan sapi, berhasil menarik perhatian dunia setelah seorang jokinya yang bernama Srinivasa Gowda menorehkan catatan waktu 9,55 detik dalam jarak 100 meter.

Srinivasa Gowda berhasil mencatat waktu yang lebih cepat daripada atlet lari Usain Bolt di jarak 100 meter. Catatan ini membuatnya pantas menyandang status manusia tercepat sejagat.

Angka 9,55 detik milik Srinivasa lebih baik 0,03 detik dari Usain Bolt (9,58 detik). Atas aksinya tersebut, Srinivasa dipanggil Kementerian Olahraga India untuk mengikuti tes agar bisa ikut serta mewakili negaranya di Olimpiade Tokyo 2020.

Joki berusia 28 tahun ini diprediksi akan menjadi salah satu talenta terbesar di cabang atletik dari India asalkan dirinya mampu lolos dari panggilan tes yang diadakan oleh Kementerian Olahraga India tersebut.

“Saya tidak menyangka saya bisa berlari secepat itu. Saya hanya fokus mengikuti lari kerbau yang sangat kencang dan tidak memikirkan hal lain lagi,” ucap Srinivasa Gowda, dikutip dari laman berita olahraga TNM.

Srinivasa menjelaskan, resepnya bisa berlari sekencang itu adalah selalu berlatih dan berenang setiap hari. Selain itu, selama sekali dalam seminggu ia selalu berlari di lumpur.

Menarik untuk melihat bagaimana India mampu menghadirkan kejutan di cabang atletik Olimpiade 2020 dengan mengirimkan seorang joki kambala.

Kambala sendiri adalah olahraga tradisional India yang diadakan setiap setahun sekali. Dalam ajang tersebut, seseorang diharuskan berlari dengan kerbau di sawah sepanjang 142 meter.