Resmi, Ini Dia Pembagian Venue Cabor PON XX Papua 2020 di Tiap Cluster

Sabtu, 29 Februari 2020 15:25 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Indra Citra Sena
© Media KONI
Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) bersama PB PON akhirnya telah menetapkan pembagian venue cabang olahraga untuk PON XX di Papua. Copyright: © Media KONI
Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) bersama PB PON akhirnya telah menetapkan pembagian venue cabang olahraga untuk PON XX di Papua.

INDOSPORT.COM - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) bersama PB PON akhirnya menetapkan pembagian venue cabang olahraga pada masing-masing cluster untuk perhelatan PON XX 2020 di Papua, Oktober mendatang.

Finalisasi venue cabor per cluster tersebut ditetapkan dalam rapat koordinasi dan sinkronisasi yang berlangsung di Kantor KONI Pusat, Jumat (28/2/20).

“Dalam rapat ini kami finalisasi seluruh venue cabang olahraga per masing-masing cluster penyelenggara PON, untuk penentuan venue cabor sudah final," kata Ketua Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasrah) PON XX, Suwarno, dalam rilis yang diterima INDOSPORT, Sabtu (29/2/20).

Pembagian venue cabor per cluster meliputi Kabupaten Mimika (Terjun Payung, Aeromodeling, Terbang Layang,  Atletik, Bola Basket, Biliar, Panjat Tebing, Futsal, Bola Tangan, Judo, dan Tarung Derajat). Cluster Kab. Merauke (Bermotor, Catur, Wushu, Anggar, dan Sepak bola Putri). 

Cluster Kota Jayapura (Renang Perairan Terbuka, Angkat Besi, Angkat Berat, Binaraga, Softball, Voli Indoor, Voli Pasir, Canoeing, Rowing, Traditional Boat Race, Layar, Taekwondo, Karate, Pencak Silat, Selam Laut, Sepak Takraw, Sepatu Roda, Sepak bola Putri, Tenis, Bulutangkis, dan Tinju).

Lalu cluster Kab. Jayapura (Gantole, Paralayang, Loncat Indah, Renang, Renang Artistik, Polo Air, Hoki Outdoor-Indoor, Baseball dan Sotfball, Senam Aerobik, Senam Artistik, Senam Ritmik, Muaythai, Senam Kolam, Kempo, Rugby 7’S, Menembak, Kriket, Sepak bola, dan Panahan.

Dalam proses penetapan venue ini, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dari Papua sebagai tuan rumah PON XX 2020. Masih memerlukan perbaikan atau renovasi di beberapa venue. 

Oleh karena itu, Suwarno meminta PB PON Papua untuk berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Papua maupun Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen PUPR) Republik Indonesia.

"Jadi, setelah finalisasi venue cabor per cluster, ada masalah yang ditemukan. Terdapat venue yang hingga saat ini belum dibangun, tentu kami harapkan sebelum PON semua sudah beres semua,” pungkasnya.

PON XX akan dibuka secara resmi di Stadion Papua Bangkit, Kampung Harapan, Kab. Jayapura, pada 20 Oktober mendatang. PON Papua akan mempertandingkan 37 cabang olahraga, 56 disiplin cabor dan 679 nomor pertandingan di tiga cluster (Kota/Kab. Jayapura, Kab. Mimika, dan Kab. Merauke).