Komunitas Sehat

Tips Jaga Tubuh Tetap Sehat Selama Merebaknya Virus Corona

Selasa, 3 Maret 2020 11:57 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Marcel Kusch/picture alliance/Getty Images
Virus Corona yang menyebar di Iran mengakibatkan pemain futsal, Elham Sheikhi meninggal dunia. Copyright: © Marcel Kusch/picture alliance/Getty Images
Virus Corona yang menyebar di Iran mengakibatkan pemain futsal, Elham Sheikhi meninggal dunia.

INDOSPORT.COM - Penyebaran virus corona di seluruh penjuru dunia kian mengkhawatirkan. Ada baiknya kita harus selalu menjaga tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari virus COVID-19.

Belakangan diketahui jika ada dua Warna Negara Indonesia (WNI) yang terjangkit virus corona. Walaupun mengkhawatirkan, Anda tidak perlu panik.

Dilansir dari South China Morning Post, berikut sejumlah cara agar terhindar dari virus corona.

1. Tingkatkan daya tahan tubuh

Melakukan vaksin flu adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan agar sistem kekebalan tubuh meningkat. Vaksin tersebut akan membantu tubuh melawan influenza yang sering merebak di musim dingin atau hujan.

Lakukan pemeriksaan kesehatan tahunan untuk memantau kondisi tubuh Anda.

"Jika Anda memiliki kondisi seperti diabetes yang tidak terkontrol dengan baik, serta menderita asma, maka ketika Anda terserang flu. Kemungkinan besar itu berkembang menjadi pneumonia yang dapat menyebabkan komplikasi dan pemulihan akan lebih lambat. Jadi, pastikan semuanya dalam kondisi baik," ujar Dr. Joyce Lai.

2. Jaga nutrisi yang masuk dalam tubuh

Makanan yang mengandung vitamin C, zink, serta zat besi  sangat baik untuk dikonsumsi. Vitamin C bermanfaat untuk menungkatkan sistem kekebalan tubuh.

Nutri yang baik akan membuat tubuh terhindar dari gejala pilek atau flu.

3. Bernafas melalui hidung untuk memurnikan udara

Bernafas melalui hidung dan bukannya mulut adalah salah satu hal terbaik agar terhindar dari virus. Ketika udara masuk ke tubuh melalui hidung itu dihangatkan, dilembabkan dan disaring sebelum sampai ke paru-paru.

Bahkan, ketika Anda menggunakan masker, tetaplah bernafas melalui hidung.