Mayoritas Event Olahraga Tertunda, Begini Nasib PON XX Papua

Kamis, 26 Maret 2020 03:17 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Prio Hari Kristanto
© Sudjarwo/INDOSPORT
Menpora RI, Zainudin Amali (Kaos Kuning) saat meninjau Stadion Papua Bangkit yang akan diguakan untuk PON XX Papua. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Menpora RI, Zainudin Amali (Kaos Kuning) saat meninjau Stadion Papua Bangkit yang akan diguakan untuk PON XX Papua.

INDOSPORT.COM - Jadwal Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tetap tak berubah pada Oktober 2020 nanti. Padahal, mayoritas event olahraga nasional harus tertunda akibat pandemik virus corona di Indonesia.

Sebut saja pelaksanaan Liga 1 dan 2 yang ditunda sampai batas waktu yang tidak ditentukan oleh PSSI dan PT LIB. Selain itu, Federasi Futsal Indonesia (FFI) juga menunda pelaksanaan Pro Futsal League (PFL) Indonesia 2020.

Tak hanya kedua cabang olahraga tersebut yang harus ditunda, masih banyak lagi event olahraga lain yang turut dihentikan. Langkah tersebut sebagai upaya pemutusan mata rantai penularan virus corona di Indonesia.

"Belum ada perubahan waktu dan tempat pelaksanaan PON Papua dari KONI pusat. Sepertinya tetap akan dihelat pada Oktober nanti," ungkap juru bicara KONI Sulsel, Dahlan Abubakar, kepada INDOSPORT, Rabu (25/03/20).

Lebih lanjut, Dahlan menyebut KONI Pusat memang perlu menerima saran dan masukan dari KONI Provinsi atau pun Kabupaten/Kota terlebih dahulu apabila ingin menunda PON XX Papua. Selain itu, tentu saja harus mempertimbangkan arahan dari pemerintah.

"Namun sejauh ini, belum ada sikap untuk melakukan penundaan. Semoga saja pada Oktober nanti, wabah virus ini sudah mereda agar bisa menghelat PON. Apalagi semua daerah telah menyiapkan diri," ujar Dahlan.

Sejatinya tak hanya di Indonesia, seluruh dunia pun bernasib sama, seperti pengunduran Euro 2020 ke tahun 2021. Terkini, Olimpiade Tokyo 2020 yang harusnya dihelat pada 24 Juli nanti, juga sepakat diundur ke tahun depan.