PON Kemungkinan Diundur, Begini Harapan Tim Sepak bola Jawa Barat

Minggu, 19 April 2020 12:35 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
© Persib.co.id
Asisten pelatih tim sepak bola Jawa Barat untuk PON 2020, Sujana. Copyright: © Persib.co.id
Asisten pelatih tim sepak bola Jawa Barat untuk PON 2020, Sujana.

INDOSPORT.COM - Asisten pelatih tim sepak bola Jawa Barat, Sujana, sudah mendapat kabar soal rencana perubahan jadwal penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2020. 

Menurut Sujana, jika memang harus ditunda pihaknya berharap hanya mundur beberapa bulan saja mengingat tahun depan akan banyak event olahraga, di antaranya Piala Dunia U-20 2021 dan SEA Games. 

Sebagai Informasi, rencananya PON XX akan digelar pada 20 Oktober-2 November 2020. Namun, belakangan terancam dimundurkan akibat pandemi virus corona atau covid-19 yang belum juga reda di Indonesia. 

Usulan soal penundaan PON XX juga diutarakan oleh anggota Komisi X DPR RI serta perwakilan cabang olahraga kepada Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali, dalam rapat dengar pendapat, Rabu (8/4/20) pekan lalu. 

"Jadwal PON ada wacana perubahan kemarin dari Menteri Olahraga dan tuan rumahnya juga. Cuma berharap tak jauh dari Oktober, beberapa bulan dari sana lah," kata Sujana kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT, Sabtu (18/4/20). 

"Jadi mudah-mudahan setelah lebaran beres (pandemi) karena kalau sampai (pertengahan) 2021 itu rasanya mustahil. Selain persiapan mepet, ada banyak event juga tahun depan," ungkapnya menambahkan. 

Mantan striker Persib Bandung ini mengakui, pelatih tim sepak bola Jawa Barat, Muhammad Yudiantara, harus menyusun program dari awal lagi jika PON XX Papua 2020 resmi mengalami perubahan jadwal.

"Kalau mengganggu persiapan pasti semua juga ya karena di awal kami sudah berjalan satu bulan, kembali lagi dengan keadaan seperti ini diulang lagi tesnya," jelas Sujana. 

Sejauh ini, pesepak bola Jawa Barat tetap berlatih secara mandiri untuk menjaga kebugaran. Pelatih juga terus memantau aktivitas dan kebugaran anak asuhnya lantaran di waktu-waktu tertentu ada latihan bersama secara virtual. 

Sujana berharap pandemi virus corona bisa segera berakhir supaya aktivitas masyarakat kembali normal dan agenda-agenda olahraga yang sudah direncanakan dapat berjalan seusai rencana.