Sejumlah Venue PON XX Papua Segera Diresmikan

Sabtu, 3 Oktober 2020 23:56 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Sudjarwo/INDOSPORT
Sejumlah venue yang dipersiapkan untuk menggelar pertandingan dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua tahun 2021 sudah rampung. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Sejumlah venue yang dipersiapkan untuk menggelar pertandingan dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua tahun 2021 sudah rampung.

INDOSPORT.COM - Sejumlah venue yang dipersiapkan untuk menggelar pertandingan dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua tahun 2021 mendatang sudah dinyatakan rampung. Sejumlah venue tersebut akan diresmikan oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe pada 20 Oktober nanti.

Sejumlah venue yang dimaksud diantaranya Stadion Lukas Enembe, Arena Menembak Indoor dan Outdoor, GOR  STT Gidi, Lapangan Softball dan Baseball, Aquatic, Istora, Lapangan Voli, Lapangan Tenis hingga Arena Futsal di Kabupaten Mimika.

"Kami tengah menyiapkan venue yang akan diresmikan secara seremonial, ada beberapa venue yang akan diresmikan sekaligus," ujar Alexander Kapisa selaku Plt Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua kepada wartawan di Jayapura, Sabtu (3/10/20).

Dirinya mengungkapkan, secara keseluruhan, progres pembangunan sejumlah venue yang akan diresmikan itu sudah selesai dan hanya tinggal menyelesaikan pekerjaan finsihing atau penataan kawasan.

"Semua venue yang di bangun dengan dana APBD sudah selesai semuanya, semua venue baru bisa di fungsikan awal tahun depan karena mulai bulan oktober masuk dalam masa pemeliharaan dan perawatan," terang Kapisa.

Sebelumnya, Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Pemukiman Wilayah II Papua Kementerian PUPR, Anggoro Putro menyampaikan, sejumlah venue yang dikerjakan oleh pihaknya sudah siap 100 persen. Sedangkan, tiga venue lainnya yang dibangun berdasarkan Inpres masih ditahap pengerjaan.

"Pengerjaannya dilaksanakan dengan sangat progresif, seluruh venue di penugasan awal kepada PUPR yaitu Aquatic, Hoki, dan kriket telah selesai 100 persen dan Istora Papua Bangkit tuntas di akhir bulan September. Untuk sisa venue lainnya seperti Sepatu Roda, Panahan serta Dayung akan dituntaskan akhir bulan April 2021 karena paket pekerjaan ini mengalami relaksasi akibat refocusing pendanaan negara untuk penanganan pandemic Covid-19," ujar Anggoro.

Rencananya, dalam seremonial peresmian venue-venue tersebut akan menghadirkan dua laga eksebisi yang akan mempertemukan tim kebanggaan masyarakat Papua, Persipura kontra tim sepak bola PON Papua dan tim Persipura Putri versus tim sepak bola wanita PON Papua.

Hanya saja, dua laga eksebisi tersebut masih dalam proses penjajakan, mengingat tim Persipura sendiri saat ini masih berada di Kota Batu, Malang. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%