Pengerjaan Venue PON XX Papua Berjalan Progresif

Jumat, 18 September 2020 13:56 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Sudjarwo/INDOSPORT
Pembangunan venue pertandingan yang dipersiapkan menjelang perhelatan event Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua tahun 2021. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Pembangunan venue pertandingan yang dipersiapkan menjelang perhelatan event Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua tahun 2021.

INDOSPORT.COM - Pembangunan venue pertandingan yang dipersiapkan menjelang perhelatan event Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua tahun 2021 mendatang terus berjalan progresif.

Beberapa venue sudah dipastikan rampung, sementara pengerjaan sejumlah venue lainnya terus digeber.

Meski masih di tengah pandemi virus corona, namun kesiapan venue PON XX Papua masih berjalan sesuai jadwal. Sebagian besar venue yang dikerjakan oleh Kementerian PUPR bahkan telah rampung, di antaranya Aquatic, Hoki, dan Kriket.

"Venue yang sudah selesai yakni Aquatic, Hoki dan Kriket. Progres dilaksanakan dengan sangat progresif, seluruh venue di penugasan awal kepada PUPR."

"Sejumlah venue seperti Aquatic, Hoki, dan kriket telah selesai 100 persen," ujar Anggoro Putro selaku Kepala Satker Pelaksanaan Prasarana dan Pemukiman Wilayah II Papua Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Kamis (17/9/20).

Sementara, Istora Papua Bangkit dijadwalkan selesai pada akhir September ini. Berikut Arena Sepatu Roda, Panahan dan Dayung ditargetkan tuntas pada April tahun depan.

"Istora Papua Bangkit akan tuntas di akhir bulan September ini. Untuk sisa venue lainnya seperti Sepatu Roda, Panahan serta Dayung akan dituntaskan sampai akhir bulan April 2021 karena paket pekerjaan ini mengalami relaksasi akibat refocusing pendanaan negara untuk penanganan pademi virus corona di Indonesia," jelasnya.

Untuk venue yang dibangun bersumber dari dana APBD juga dipastikan telah rampung secara keseluruhan. Hal ini disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Papua, Alexander Kapisa.

Venue-venue yang dibangun menggunakan dana APBD seperti arena Softball, Baseball, Menembak, GOR Gidi, Lapangan Uncen Mahacandra, Bola Voli dan sejumlah venue lainnya yang tersebar di empat kluster.

"Semua venue yang di bangun dengan menggunakan dana APBD sudah selesai semuanya. Tapi, semua venue itu baru bisa di fungsikan awal tahun depan karena mulai bulan Oktober masuk dalam masa pemeliharaan dan perawatan," ungkap Kapisa.

Seperti diketahui, perhelatan PON XX di Papua sejatinya hendak digelar Oktober tahun ini. Namun karena adanya pandemi Covid-19 sejak Maret lalu, pesta olahraga empat tahunan ini resmi dimundurkan ke Oktober tahun 2021 mendatang.

Rentang waktu yang masih amat panjang itu telah memberikan angin segar bagi Pemerintah Papua selaku tuan rumah untuk menyiapkan segalanya dengan matang untuk PON XX 2021 mendatang.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%