Pegiat Olahraga Sukses Sumbang 3 Juta Kalori dalam Aksi Nyata Adopsi Hutan

Selasa, 27 Oktober 2020 15:46 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© HUTAN ITU INDONESIA
Kegiatan tantangan olahraga #KaloriuntukHutan yang berlangsung 5-25 Oktober 2020. Copyright: © HUTAN ITU INDONESIA
Kegiatan tantangan olahraga #KaloriuntukHutan yang berlangsung 5-25 Oktober 2020.

INDOSPORT.COM - Sebanyak 526 pegiat olahraga dan anak muda perkotaan telah berhasil memberikan kalorinya secara virtual (daring) dalam kegiatan tantangan olahraga #KaloriuntukHutan yang berlangsung 5-25 Oktober 2020.

Total kalori yang terkumpul sebanyak 3 juta kalori (3.000.000 Kcal). Jumlah kalori yang terkumpul ini akan dikonversi untuk menggalang dana adopsi hutan di sekitar Stasiun Penelitian Soraya yang berada di Kawasan Ekosistem Leuser, Provinsi Aceh seluas 500 hektar.

Tantangan olahraga Kalori untuk Hutan mengajak para pegiat olahraga untuk berkontribusi dalam aksi nyata jaga hutan dengan memberikan kalori yang terbuang dari aktivitas olahraga mereka selama 21 hari. Aktivitas olahraga ini terbuka dari berbagai jenis olahraga seperti berlari, bersepeda, trail, treadmill, hingga home workout.

Selama periode tantangan kalori peserta juga diajak berolahraga bersama melalui kelas daring yang berkolaborasi dengan Level Up Exercise, Deeyogalates, dan Trail Running Connect. Kesempatan kelas ini bertujuan untuk menambah pemahaman olahraga bagi peserta, selain edukasi mengenai menjaga imunitas tubuh di tengah pandemi.

“Tiga juta kcal yang terkumpul dikonversi menjadi dana adopsi hutan. Kami bekerja sama dengan Forum Konservasi Leuser (FKL) sebagai penerima manfaat dan mitra adopsi hutan,” tutur Rinawati, Koordinator Pelaksana Kalori untuk Hutan.

“Mereka selama ini telah melakukan berbagai di stasiun penelitian Soraya, termasuk juga penjagaan hutannya, inventarisasi keragaman hayati, operasi jerat liar hingga patroli pengawasan kawasan hutan yang dilakukan para Ranger FKL,” tambahnya.

“Adopsi Hutan menjadi jalan masuk raising awareness bagi mereka khususnya anak muda perkotaan untuk mengenal lebih jauh mengenai Kawasan Ekosistem Leuser dan pentingnya menjaga kawasan tersebut,” timpal Irham Hudaya Yunardi, Communications Officer Forum Konservasi Leuser.

Hutan itu Indonesia (HII) memotori kegiatan Kalori untuk Hutan sebagai bentuk komitmen dalam menularkan rasa cinta terhadap hutan Indonesia kepada anak muda Indonesia lainnya melalui kampanye yang menyenangkan.

Program ini merupakan bagian dari perayaan hari hutan Indonesia 7 Agustus lalu, momen di mana kita diingatkan pada keindahan, kekayaan, dan kemegahan hutan Indonesia.

Kalori untuk Hutan dapat terselenggara berkat kolaborasi bersama mitra Pandara Sport, Forum Konservasi Leuser, Deeyogalates, Level up Exercise, Trail Running Connect, INDOSPORT, Gofit juga dukungan dari komunitas olahraga seperti Derby Runners, Ikatan Marshal Indonesia, Indorunners Bali, Hash House Harrier Bogor, dan Yoga Salse.