KONI Jabar Gelar Swab Test Bagi Atlet Pelatda Jabar PON XX Papua

Kamis, 19 November 2020 15:55 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
© Dok.Koni Jabar
KONI Jawa Barat melakulan swab test kepada atlet, pelatih, dan mekanik yang tergabung dalam tim Pelatda Jabar. Copyright: © Dok.Koni Jabar
KONI Jawa Barat melakulan swab test kepada atlet, pelatih, dan mekanik yang tergabung dalam tim Pelatda Jabar.

INDOSPORT.COM - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Barat melakulan swab test kepada 835 atlet, 193 pelatih, dan 14 mekanik yang tergabung dalam tim Pelatda Jabar untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 di Papua.

Swab test yang digelar di GOR Tri Lomba Juang, Kota Bandung, selama tiga hari mulai tanggal 16 - 18 November 2020 tersebut, sengaja dilakukan sering dengan meningkatnya penyebaran virus Corona atau Covid-19 di wilayah Jawa Barat, khususnya Kota Bandung.

“Semakin tingginya penyebaran Covid-19 di wilayah Bandung dan sekitarnya, kami berinisiatif dan diperkuat Gubernur Jawa Barat ketika webinar Haornas pada September 2020 untuk dilakukan swab test,” kata Wakil Ketua II KONI Jabar yang juga koordinator swab test, Yunyun Yudiana di Gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran, Kota Bandung.

Yunyun menuturkan, selain di Kota Bandung, swab test akan dilakukan juga kepada cabang olahraga (cabor) yang berada di luar Bandung, akan disatukan tesnya di Karawang.

“Untuk berapa cabor di luar Bandung seperti dayung di Cipule dan yang latihan di Bekasi. Nanti disatukan tesnya di Cipule karawang,” jelasnya.

Selain melaksanakan swab test, Yunyun mengatakan seluruh cabor menerapkan protokol kesehatan yang ketat, seperti pengecekan suhu tubuh, mencuci tangan dan memakai masker saat beraktivitas di luar latihan. 

Hal itu dilakukan, untuk mencegah penyebaran virus Corona. Sehingga, Pelatda Jabar bisa tetap berlatih dengan lancar.

“Protokol kesehatan di tempat latihan juga tentunya sudah dilakukan seperti pada umumnya anjuran dari pemerintah. Tempat latihan juga rutin dilakukan disinfektan," ungkapnya.

Yunyun berharap, semua pihak bisa menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan pandemi corona segera berakhir. Sehingga, aktivitas masyarakat dan olah raga bisa kembali normal.

"Kami KONI Jawa Barat berharap Covid-19 ini segera beres. Sehingga atlet bisa latihan rutin, intensitas latihan baik, dan ada kejuaraan,” harapnya.