In-depth

Kaleidoskop Kelam 2020: Kobe Bryant dan Para Atlet Dunia yang Wafat Sepanjang Tahun

Rabu, 30 Desember 2020 11:45 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Getty images
Kobe Bryant dan Para Atlet Dunia yang Wafat Sepanjang Tahun 2020 Copyright: © Getty images
Kobe Bryant dan Para Atlet Dunia yang Wafat Sepanjang Tahun 2020

INDOSPORT.COM - Termasuk Kobe Bryant, berikut para atlet Tanah Air dan dunia yang wafat di 2020, sekaligus melengkapi daftar kaleidoskop kelam sepanjang tahun ini. Siapa sajakah mereka?

Pada tahun 2020, bisa dikatakan sebagai periode duka bagi seluruh pelaku olahraga. Dampak dari pandemi virus corona di semua negara, membuat banyak ajang olahraga harus tertunda bahkan dibatalkan.

Selain tertundanya beberapa event besar, banyaknya para atlet Tanah Air hingga yang meninggal juga semakin membuat kelam kalender di tahun 2020.

Paling anyar dan masih diingat, tentu kepergian sang legenda sepak bola asal Argentina, Diego Maradona yang menghembuskan nafas terakhir pada Rabu (25/11/20).

Melansir dari laman setempat, Diego Maradona meninggal akibat Hematoma subdural yakni penggumpalan darah di permukaan otak, tepatnya di antara dua lapisan pelindung otak (duramater dan arachnoid). Penyebab gumpalan darah biasanya muncul akibat benturan atau pukulan keras di kepala.

Akibat berita duka ini, seluruh elemen pun sepak bola pun memberikan penghormatan tinggi untuk Diego Maradona. Salah satunya yang dilakukan Napoli, mantan klub yang pernah diperkuat sang legenda tersebut memutuskan mengganti nama stadion Diego Armando Maradona Stadium untuk menghormati jasanya.

Tak cuma Maradona, terdapat beberapa atlet Tanah Air dan dunia lain yang juga wafat sepanjang tahun 2020 ini. Lantas siapa sajakah mereka?

Untuk mengenang serta menghormati para atlet tersebut, berikut INDOSPORT coba rangkum serta menulisnya.

Januari-April

Di awal tahun 2020, dunia langsung dikejutkan dengan wafatnya pebasket asal Amerika Serikat, Kobe Bryant pada Senin (27/01/20) dini hari WIB.

Kobe Bryant meninggal dunia dalam kecelakaan helikopter di California. Kobe Bryant merupakan salah satu dari 4 penumpang yang sedang dalam perjalanan menggunakan helikopter pribadinya yang terbakar saat melewati Calabasas, California.

Tak berselang beberapa pekan, dunia olahraga kembali berduka dan kali ini datang dari Tanah Air. Legenda sekaligus pahlawan bulutangkis putri Indonesia, Tati Sumirah harus menghembuskan nafas terakhir setelah berjuang melawan penyakit kadar gula darah tinggi dan permasalahan pada paru-paru.

Peraih Piala Uber 1975 tersebut, wafat pada usia 68 tahun di RSUP Persahabatan, Jakarta pada 13 Februari 2020.

  • Adji Bratakusuma (3 Januari/Pelatih Kiper Persib)
  • Sarman Panggabean (13 Januari/Mantan Pemain PSMS dan Timnas)
  • Kobe Bryant (26 Januari/Pebasket Amerika Serikat)
  • Tati Sumirah (13 Februari/Pebulutangkis Putri Indonesia)
  • Himendra Wargahadibrata (13 Februari/Mantan Pemain Persib dan Timnas)
  • Nicky Poetiray (21 Maret/Mantan Pemain Persebaya)
  • Marsma TNI dr. Elisa Samson Manueke (19 Maret/Juara Dunia Paralayang Indonesia)
  • Sofyan Hadi (11 Maret/Mantan Pelatih Persija)
  • Lukman Niode (17 April/Atlet Renang Indonesia)
IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%