Raker dengan Sandiaga Uno, Yoyok Sukawi Usul Pengoptimalan Sirkuit Balap

Rabu, 27 Januari 2021 10:54 WIB
Kontributor: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Lanjar Wiratri
© Alvin/INDOSPORT.
Tangkapan Layar saat Anggota Komisi X DPR RI, Yoyok Sukawi rapat kerja dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Copyright: © Alvin/INDOSPORT.
Tangkapan Layar saat Anggota Komisi X DPR RI, Yoyok Sukawi rapat kerja dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

INDOSPORT.COM - Anggota Komisi X DPR RI menggelar rapat kerja dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang dipimpin oleh Sandiaga Uno secara virtual pada Selasa (26/01/21).

Saat raker berjalan, beberapa anggota Komisi X DPR RI usul kepada Sandiaga Uno berkaitan dengan desa wisata dan salah satunya penggabungan potensi pariwisata serta olahraga yang sering disebut Sport Tourism.

Usulan terkait sport tourism muncul salah satunya dari A.S Sukawijaya dari Fraksi Partai Demokrat yang selama ini memang aktif sebagai pegiat olahraga. Pria yang akrab disapa Yoyok Sukawi ini ingin ada perhatian khusus dari 
Kemenparekraf terhadap sirkuit-sirkuit di daerah supaya pengembangan sport tourism lebih merata dan tidak hanya terpusat di Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Sebagaimana diketahui, Sandiaga Uno yang baru saja dilantik Presiden Joko Widodo cukup perhatian dengan sport tourism dan beberapa waktu lalu telah mengunjungi Mandalika sebagai destinasi super prioritas untuk melihat potensi yang ada di sana.

“Beberapa waktu lalu Pak Menteri kunjungan ke Mandalika ingin mengembangkan destinasi olahraga. Ini bagus sekali, harapan saya jangan hanya Mandalika. Perlu Pak Menteri ketahui dalam hal ini motor sport banyak sekali sirkuit-sirkuit di daerah. Contohnya di Semarang ada sirkuit yang kerap dipakai MXGP. Even iternasional itu,” tandas Yoyok Sukawi.

Berasal dari Jawa Tengah dan suka balap, Yoyok Sukawi juga cerita ke Sandiaga Uno bahwa di provinsi tempat ia berasal cukup banyak sirkuit-sirkuit offroad yang kurang mendapat perhatian.

“Di Jateng banyak sirkuit offroad baik adventure mau pun green laning dengan pemandangan alam yang indah. Ini harus dikembangkan oleh Kemenparekraf dan terpenting dimudah birokrasinya,” imbuh Yoyok Sukawi.

Apabila mini sircuit di daerah banyak yang dikembangkan, Yoyok Sukawi optimis program pengembangan desa wisata dan sport tourism yang tengah digalakkan Sandiaga Uno beserta jajarannya akan terus berkembang.

“Kalau itu sudah dilaksanakan dan ada anggaran yang cukup untuk pengembangan desa wisata, pasti pariwisata di daerah akan berkembang dan dampaknya tentu kepada kondisi ekonomi masyarakat dan kemajuan olahraga balap di Indonesia,” pungkasnya.