Berapa Kali Olimpiade Dibatalkan dan Kenapa?

Sabtu, 13 Maret 2021 17:15 WIB
Editor: Pipit Puspita Rini
© Instagram/@miraitowa
Miraitowa, maskot Olimpiade Tokyo. Copyright: © Instagram/@miraitowa
Miraitowa, maskot Olimpiade Tokyo.

INDOSPORT.COM - Hingga Rio 2016, Olimpiade Musim Panas atau Summer Olympic sudah digelar 28 kali. Olimpiade kali pertama digelar pada 1986 di Athena, Yunani.

Sudah tentu pelaksanaan ketika itu sangat jauh berbeda dengan saat ini. Athena 1986 hanya diikuti 245 kompetitor dan lebih dari 200 di antaranya adalah atlet Yunani. Hanya 14 negara yang ambil bagian.

Perbedaan paling kentara tentu saja tidak diperbolehkannya atlet perempuan ambil bagian di ajang ini, meskipun ada satu atlet tuan rumah bernama Stamata Revithi yang memaksa untuk ambil bagian.

Stamata Revithi turun di nomor lari maraton. Karena tidak diperbolehkan ambil bagian oleh panitia, dia berlari sehari setelah atlet pria berlomba. Dia finis dalam 5 jam 30 menit.

Meski turun dengan kontingan terbanyak dan menjadi tuan rumah, Yunani gagal menjadi juara umum. Amerika Serikat yang datang dengan 14 atlet akhirnya keluar sebagai juara umum berkat raihan 11 medali emas, 7 perak, dan 2 perunggu.

Empat tahun kemudian, ibu kota Prancis, Paris, yang menjadi tuan rumah Olimpiade. Jumlah atlet yang ikut hampir empat kali lipat dari Olimpiade pertama. Kali ini atlet perempuan sudah boleh ikut, meskipun jumlahnya masih sangat sedikit.

Selanjutnya, Olimpiade berjalan lancar dan semakin bagus dalam setiap penyelenggaraan. Hingga seharusnya Berlin menjadi tuan rumah Olimpiade 1916, yang merupakan penyelenggaraan ke-6.

Olimpaide tersebut batal digelar karena adanya Perang Dunia I. Perang yang terjadi di Eropa ini berlangsung mulai 28 Juli 1914 hingga 11 November 1918.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%