Bukan Cuma Jules Rimet, Dua Trofi Ini Juga Pernah Raib Tanpa Jejak

Jumat, 16 Juli 2021 22:00 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Getty Images
Berikut tiga kisah trofi yang hilang di dunia olahraga. Copyright: © Getty Images
Berikut tiga kisah trofi yang hilang di dunia olahraga.

INDOSPORT.COM - Dunia olahraga, selain kental dengan euforianya, juga pernah dihiasi insiden trofi maupun piala yang hilang begitu saja.

Trofi dan piala dinilai sebagai wujud keberhasilan seorang atlet maupun sebuah tim dalam memenangkan kompetisi atau perlombaan. Namun apa jadinya jika benda berharga ini mendadak raib secara misterius?

Tentu salah satu yang paling diingat kalangan pencinta olahraga, terutama sepak bola, adalah trofi Jules Rimet yang lenyap entah ke mana.

Trofi Jules Rimet sendiri pada akhirnya kita kenal dengan trofi Piala Dunia yang sekarang, dahulu dikenal dengan nama Victory dan dibuat oleh seorang pematung bernama Abel Lafleur.

Bentuk awalnya terinspirasi dari dewi kemenangan Yunani. Uruguay menjadi negara pertama yang mendapat kehormatan menyimpan trofi tersebut setelah menjadi juara pada tahun 1930.

Setelah dari Uruguay, trofi Jules Rimet pun mendarat di Italia. Namun pecahnya Perang Dunia II membuat wakil presiden FIFA saat itu, Ottorino Barassi, kelimpungan.

Pasalnya, ia harus menyembunyikan benda berharga tersebut agar tidak ditemukan pasukan Nazi. Trofi itu pun selamat usai disembunyikan dalam sebuah kotak sepatu dan diletakkan di bawah tempat tidur Barassi.

Saat Piala Dunia 1966, trofi kemudian disimpan di sebuah pameran di Central Hall, Westminster, London, namun tahu-tahu penampakannya sudah tidak ada lagi.

Seorang pria bernama David Corbett dan anjingnya, Pickles, kemudian berhasil menemukannya tidak lama setelah kejadian pencurian itu. Tapi baru juga ketemu, trofi ini kemudian hilang lagi.

Insiden kedua hilangnya trofi Jules Rimet terjadi di Brasil usai memenangkan Piala Dunia 1970. Mereka pun mendapat privilege untuk menyimpan trofi tersebut lantaran sukses tampil sebagai juara sebanyak tiga kali.

Oleh sebab itu, FIFA pun membuat trofi anyar berbentuk bola yang disangga oleh figur manusia, terbuat dari emas 18 karat dengan bobot 6,1 kg.

Nah, pada tahun 1983, trofi Jules Rimet yang sudah diamanatkan ke Brasil ternyata justru hilang tanpa jejak.

Nah, selain Trofi Jules Rimet, masih ada sejumlah trofi olahraga yang keberadaannya mendadak lenyap begitu saja. Kira-kira apa saja? Berikut dua di antaranya.