Hasil Olimpiade Tokyo 2020: Kalah dari Tuan Rumah, Rio Waida Gagal ke 8 Besar

Senin, 26 Juli 2021 13:03 WIB
Penulis: M. Ramadhan | Editor: Isman Fadil
© NOC Indonesia
Atlet selancar alias surfing, Rio Waida. Copyright: © NOC Indonesia
Atlet selancar alias surfing, Rio Waida.

INDOSPORT.COM - Peselancar Indonesia, Rio Waida gagal melaju ke babak 8 besar Olimpiade Tokyo 2020. Rio harus harus mengakui kehebatan wakil tuan rumah, Kanoa Igarashi.

Berselancar di di Tsurigasaki Surfing Beach, Chiba, Rio memulainya dengan cukup kesulitan menaklukkan ombak yang deras. Sebaliknya, Igarashi justru sudah mampu menampilkan manuver-manuver terbaiknya sejak awal.

Hasilnya, pada lima percobaan pertama, Rio dan papan selancarnya hanya mampu mengumpulkan nilai 5,6 poin dari dua nilai tertingginya, yakni 2,67 dan 2,93 poin. Sementara Iawannya memperoleh nilai 14,00 poin berkat dua nilai tertinggi 8,00 dan 6,00 poin.

Tak ingin terus tertinggal, atlet berusia 21 tahun ini mulai coba mengejar pelan-pelan. Benar saja, pada ombak keenam, manuver Rio dalam menaklukkan ombak mampu meraup nilai 5,83 poin dari para juri.

Dua ombak berikutnya, Rio kembali menampilkan aksi memukau di mata para juri. Manuver apiknya pada percobaan ke delapan membuat dia mendapatkan 6,17 poin. Total nilai 12,00 pun sudah di tangan.

Sayangnya, hingga waktu 25 menit habis, Rio tak mampu mendapatkan poin lebih tinggi dari yang sudah didapat. Begitupun dengan peselancar tuan rumah yang juga beberapa kali aksinya dijatuhkan oleh ombak besar.

Pertarungan pun berakhir untuk kemenangan wakil Jepang, Kanoa Igarashi dengan nilai 14,00 poin. Sementara Rio hanya mengumpulkan nilai 12,00 poin.

Dengan kekalahan ini, maka tuntas sudah perjuangan Rio Waida di cabang olahraga selancar ombak di Olimpiade Tokyo 2020.