Seru, 5 Olahraga Tradisional Ini Asli Milik Indonesia

Selasa, 17 Agustus 2021 17:38 WIB
Editor: Isman Fadil
© Kemenpora
Atlet pencak silat, Puspa Arum Sari, saat memamerkan gerakan pencak silat di Belanda. Copyright: © Kemenpora
Atlet pencak silat, Puspa Arum Sari, saat memamerkan gerakan pencak silat di Belanda.

INDOSPORT.COM - Olahraga merupakan salah satu aktivitas untuk melatih tubuh atau fisik seseorang. Mungkin olahraga seperti sepak bola, taekwondo, bulutangkis sudah tak lagi asing ditelinga kita, namun ternyata Indonesia juga memiliki olahraga tradisional yang beragam macamnya.

Yang membedakan olahraga biasa dengan olahraga tradisional Khas Indonesia ialah olahraga tersebut berasal dari tradisi dan kebudayaan suatu daerah tertentu di Tanah Air.

Tak disangka juga, beberapa olahraga Tradisional Indonesia ini juga sudah resmi dijadikan sebagai cabang olahraga nasional dan internasional. Untuk memeriahkan momen 17 Agustus yang akan tiba, Berikut INDOSPORT.com merangkum 5 olahraga khas Indonesia.

1.  Pencak Silat

Olahraga pencak silat merupakan seni bela diri tradisional yang menjadi budaya Indonesia. Bahkan telah ditetapkan UNESCO sebagai warisan budaya.Hingga saat ini, pencak silat pun masih berkembang hingga menjadi salah satu cabang olahraga di ajang internasional.

Gerakan pencak silat terdiri dari kombinasi antara pukulan, tendangan dan pengetahuan tentang bagian terlemah pada tubuh manusia. Kemahiran melakukan olahraga ini harus ditunjang penguasaan teknik dasar pencak silat yang baik.

2. Lompat Batu

Lompat Batu, juga merupakan tradisi yang dapat digunakan sebagai aktivitas olahraga, cara memainkan olahraga ini ialah dengan meloncat tinggi melewati tumpukan batu.

Olahraga satu ini, merupakan tradisi masyarakat pulau Nias dimana jika pemuda Nias berhasil melakukan lompat batu makan akan dianggap dewasa dan siap menjalani pernikahan.

3. Tarik Tambang

Salah satu cara memeriahkan momen kemerdekaan Indonesia adalah dengan melakukan tarik tambang. Olahraga ini terbilang sangat menarik dan juga mengasyikan untuk dilakukan.

Permainan tarik tambang ini menyertakan dua kelompok berisikan masing-masing lima orang untuk saling menarik tali panjang, olahraga ini sangat cocok dimainkan pada momen 17 agustusan.