Arti Sapaan Khas Papua dari Jokowi di PON XX Papua

Sabtu, 2 Oktober 2021 20:03 WIB
Penulis: Ilham Oktafian | Editor:
© Instagram
Presiden RI, Joko Widodo, mengenakan pakaian adat Suku Baduy, Banten. Copyright: © Instagram
Presiden RI, Joko Widodo, mengenakan pakaian adat Suku Baduy, Banten.

INDOSPORT.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan ucapan khas Papua saat Pembukaan PON XX Papua. Usut punya usut ternyata ada makna mendalam dari ucapan yang diucapkan Presiden.

PON Papua sedianya digelar pada 2020 lalu, namun ajang empat tahunan ini harus tertunda lantaran situasi pandemi COVID-19 yang kian memburuk di Indonesia. Meski tertunda selama setahun lebih, Provinsi Papua akan tetap ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan PON XX ini.

Nah, demi memutus rantai penyebaran COVID-19, pihak tuan rumah telah menyiapkan 4 klaster yang ditetapkan sebagai venue pertandingan PON XX 2021. Keempat klaster itu ialah Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Timika, dan Kabupaten Merauke.

Sementara untuk acara pembukaan PON XX Papua sendiri dilangsungkan dengan protokol kesehatan yang ketat, termasuk membatasi penonton yang dibolehkan hadir di acara ini.

Acara pembukaan sendiri dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo. Preside secara resmi membuka hajatan PON XX Papua pada Sabtu (02/10/21) di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura.

Dalam upacara seremonial, terdapat beberapa kegiatan diantaranya tarian dan lagu. Hal yang tak kalah menarik adalah ucapan khas Papua yang diucapkan Jokowi. Ucapan tersebut ia sampaikan saat menyapa masyarakat yang ikut menyemarakkan PON XX Papua.