Binaraga Papua Juara Umum di PON XX

Rabu, 6 Oktober 2021 16:12 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Isman Fadil
© PB PON XX PAPUA/Gusti
Binaraga Kelas 70 Kilogram PON XX Papua di Auditorium Universitas Cenderawasih, Jayapura, Papua, Senin (4/10/2021) Copyright: © PB PON XX PAPUA/Gusti
Binaraga Kelas 70 Kilogram PON XX Papua di Auditorium Universitas Cenderawasih, Jayapura, Papua, Senin (4/10/2021)

INDOSPORT.COM - Cabang olahraga Binaraga Papua sukses menyabet tiga medali emas dari tujuh nomor yang diperlombakan pada PON XX Papua 2021. Tiga medali Binaraga Papua hadir dari Cornelis Amo 60 kg, Oto Gidion Wantik 65 kg dan Edoardus Apcowo 70 kg.

Posisi kedua ada Jawa Barat dengan 1 medali emas dan 1 perunggu, disusul oleh Sumatera Barat 1 medali emas, Bengkulu 1 medali emas, Aceh 1 medali emas.

Posisi berikutnya ada Kalimantan Timur dengan 2 medali perak, DKI Jakarta 1 perak dan 1 perunggu, DIY 1 perak dan 1 perunggu, Jawa Tengah 1 perak dan 1 perunggu, Bangka Belitung 1 perak, Banten 1 perak, Jawa Timur 2 perunggu dan Sulawesi Tengah 1 perunggu.

Pelatih kepala cabor Binaraga Papua, Hasim Sulaiman mengatakan pencapaian saat ini merupakan hasil kerja keras dari seluruh atletnya sejak awal 2020.

“Kami menyiapkan delapan atlet pada tujuh nomor yang diperlombakan. Ini semua hasil latihan dan kerja keras dari semua atlet dan doa seluruh masyarakat Papua,” ujar Sulaiman di sela-sela penutupan pertandingan cabang olahraga Binaraga PON XX 2021 Papua yang diperlombakan di Auditorium Universitas Cenderawasih, Senin (04/10/21).

Hasil yang dicapai oleh para atletnya, kata Sulaiman melampaui apa yang sudah diembankan kepada mereka, yakni dua medali emas.

“Sesuai dengan target awal, karena awalnya kami hanya dibebani dua medali emas, tapi bersyukur atlet bisa melewati apa yang ditarget oleh KONI dan juga saya secara pribadi. Saya juga awalnya hanya menargetkan dua medali emas tapi hari malam ini bisa lebih,” kata Sulaiman.

Sementara Ketua Panitia, Billy Watory mengapresiasi seluruh panitia yang turut terlibat dalam suksesnya pelaksanaan perlombaan cabor Binaraga PON XX 2021 Papua.

“Ini suatu hal yang luar biasa bagi kami di Papua melaksanakan PON khususnya cabang olahraga Binaraga. Dengan keterbatasan, kami tetap akan berusaha melaksanakan perlombaan sebaik mungkin,” ucap Watory.

“Kami juga mohon maaf kepada para kontingen dari 16 provinsi yang datang jika masih banyak kekurangan. Kami panitia menyampaikan terimakasih kepada seluruh kontingen yang sudah hadir dan ikut bertanding,” tutup Watory.