Sambut 100 Tahun Kemerdekaan NKRI, Menpora Pasang Target Tinggi di Olimpiade 2044

Kamis, 16 Desember 2021 18:45 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© Kemenpora
Menpora Zainudin Amali pasang target tinggi untuk tim Indonesia di Olimpiade dan Paralimpiade 2044. Copyright: © Kemenpora
Menpora Zainudin Amali pasang target tinggi untuk tim Indonesia di Olimpiade dan Paralimpiade 2044.

INDOSPORT.COM – Menpora Zainudin Amali pasang target tinggi untuk tim Indonesia di Olimpiade dan Paralimpiade 2044.

Meski masih lama, Zainudin Amali menyatakan bahwa Indonesia menarget lima besar dunia dalam Olimpiade dan Paralimpiade 2044 mendatang.

Target tinggi ini dicanangkan untuk menyambut 100 tahun kemerdekaan NKRI. Sebab ketika saat itu Indonesia tepat akan berusia 1 abad.

"Target ini sesuai dengan Peraturan Presiden (PERPRES) Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON)," kata Zainudin Amali, dilansir dari Antara.

Menpora juga mengaku awalnya menganggap tak masuk akal bermimpi masuk peringkat lima dunia, namun berdasarkan hasil riset, target tersebut bisa saja masuk akal.

"Ternyata target tersebut sudah berdasarkan kajian ilmiah bersama akademisi dan praktisi olahraga, ada hitungannya dan yang menghitung adalah profesor," kata Zainudin.

Menurut Zainudin Amali, target itu bisa dicapai kalau Indonesia fokus kepada cabang olahraga yang sesuai fisik orang Indonesia.

Serta merumuskan cabang olahraga yang mengandalkan teknik dan akurasi sehingga lahirlah 14 cabang olahraga dala DBON (desan besar olahraga nasional) dan tiga cabang olahraga  yang disukai masyarakat Indonesia yang masuik kelompok sport industry.