6 Cara Memilih Olahraga yang Tepat untuk Dapatkan Kebugaran Maksimal

Rabu, 29 Desember 2021 12:22 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor: Isman Fadil
© Shutterstock By oneinchpunch
Ilustrasi olahraga. Copyright: © Shutterstock By oneinchpunch
Ilustrasi olahraga.

INDOSPORT.COM - Saat ini banyak sekali jenis olahraga baru yang muncul, hal tersebut biasanya membuat orang sulit untuk memilih jenis olahraga yang ingin dilakukan.

Untuk menjaga tubuh tetap bugar, Anda harus melakukan olahraga secara rutin. Oleh karena itu, tentukanlah jenis olahraga yang benar-benar ingin Anda lakukan secara berkelanjutan.

Berikut cara memilih jenis olahraga yang tepat untuk Anda agar mendapatkan kebugaran maksimal seperti mengutip dari klikdokter:

1. Sesuai Target

Sebelum memilih jenis olahraga, sebaiknya Anda menentukan terlebih dahulu target yang ingin diraih karena setiap jenis olahraga memiliki efek spesifik yang berbeda bagi tubuh.

Contohnya, ada jenis olahraga yang berfokus pada bagian otot tertentu pada tubuh, menurunkan berat badan, melatih pernapasan, dan sebagainya.

Bagi seseorang yang ingin memperoleh postur tubuh ideal, olahraga basket bisa menjadi pilihan yang tepat baginya. Namun, belum tentu hal tersebut cocok untuk Anda.

Jadi, cara memilih olahraga yang tepat adalah menyesuaikan dengan target. Bila tidak, olahraga hanya akan dilakukan setengah hati.

2. Sesuai Jadwal

Setiap orang mempunyai aktivitas harian yang berbeda-beda, akan lebih baik jika Anda memilih jenis olahraga yang disesuaikan dengan jadwal harian dengan merencanakan olahraga di waktu senggang.

Anda perlu mengalokasikan durasi olahraga dengan waktu yang Anda miliki. Lalu, sesuaikan lokasi olahraga dengan tempat tinggal atau kerja Anda.

Dengan memilih jadwal yang tepat, Anda dapat memaksimalkan kualitas olahraga yang dijalani tanpa terganggu oleh rutinitas harian dan Anda lebih tahu kapan saatnya tubuh Anda siap untuk berolahraga atau tidak.

3. Sesuai Kesukaan

Setiap orang memiliki kesukaan masing-masing termasuk dalam hal olahraga. Jadi, dengan memilih olahraga sesuai kesukaan akan membuat Anda senang hati dalam melakukannya sehingga dapat memperoleh kebugaran yang maksimal.

Ingatlah bahwa untuk bisa menjalankan olahraga secara maksimal, Anda harus menikmati setiap proses yang sedang Anda lakukan. Jika tidak suka, otomatis komitmen Anda juga akan hilang dengan mudah. Pada akhirnya, Anda berhenti olahraga sebelum target tercapai.

Anda juga bisa memilih olahraga yang cenderung disukai oleh banyak orang, misalnya sepak bola. Dengan kesamaan minat dalam melakukan jenis olahraga yang sama, mungkin Anda bersama teman-teman olahraga Anda bisa saling memotivasi.

4. Sesuai Gen

Genetik dianggap berperan dalam performa olahraga seseorang, seperti endurance dan power. Oleh sebab itu, untuk memilih olahraga yang sesuai, caranya bisa dengan memperhatikan kecenderungan keluarga Anda.

Dengan melakukan pemetaan genetik terkait dengan performa olahraga, diharapkan dapat menyediakan program latihan yang sesuai dengan potensi genetik orang tersebut. Bahkan, pemetaan genetik ini dapat sangat berguna bagi para atlet.

Sudah ada beberapa penelitian mengenai hubungan genetik terhadap olahraga yang dilakukan oleh seseorang. Penelitian pada atlet Olimpiade menemukan, terdapat karakteristik genetik pada otot yang mungkin membuat seorang atlet lebih baik menjadi pelari cepat (sprinter) dibandingkan pelari jarak jauh (long-distance runner).

Sementara penelitian yang dilakukan di University of Sydney menemukan, gen di dalam tubuh dapat memengaruhi sebaik apa tubuh merespons aktivitas fisik yang dilakukan.

Bahkan, gen dalam tubuh dapat berperan dalam beberapa perubahan yang terjadi pada tubuh setelah seseorang melakukan program olahraga dan diet. Seperti berat badan, indeks massa tubuh, hingga kadar lemak tubuh.

Dengan demikian, memilih olahraga yang sesuai dengan genetik bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memaksimalkan potensi kesehatan dan kebugaran tubuh Anda.