Bola Sundul, Olahraga Asal Kabupaten Tangerang yang Mulai Hits di Tanah Air

Kamis, 6 Januari 2022 22:19 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor: Isman Fadil
© Pemkab Tangerang.
Bola Sundul, olahraga asli Kabupaten Tangerang. Copyright: © Pemkab Tangerang.
Bola Sundul, olahraga asli Kabupaten Tangerang.

INDOSPORT.COM - Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia, tak ayal banyak keunikan yang dapat ditemukan di negara ini. Salah satu daerah yang tak jauh dari ibu kota, yaitu Kabupaten Tangerang ada olahraga yang saat ini tengah hits.

Melansir dari laman resmi Pemerintah Kabuparen Tangerang, Bola Sundul merupakan jenis yang berasal dari Kabupaten Tangerang, Banten. Olahraga itu kini menarik perhatian dan mulai digemari di Tanah Air.

Bola sundul pertama kali diperkenalkan oleh Iratmoko pada 2003, pria yang berprofesi sebagai guru olahraga di SMAN 1 Tigaraksa, Kabupaten Tangerang.

Cukup mudah untuk memainkan olahraga ini, yaitu dengan cara menggunakan kepala untuk menyundul bola. Ide tersebut muncul ketika ia melihat murid-muridnya yang sudah mulai jenuh dengan permainan yang ada.

Di samping itu, karena ada keterbatasan peralatan olahraga yang dimiliki sekolahnya saat itu mendorong dirinya untuk menciptakan jenis olahraga yang lebih banyak menggunakan teknik kepala.

"Sebagai salah satu solusi mengatasi keterbatasan sarana dan prasarana olahraga, permainan ini terinspirasi dari sepak bola dan bola voli, di dalam olahraga bola sundul terdapat filosofis dan nasionalisme, serta terkandung unsur religus, unsur pendidikan, dan unsur hiburan," ucap Iratmoko seperti mungutip dari situs resmi Pemkab Tangerang.