Kasus Covid-19 Melonjak Lagi di China, Asian Games Terancam Ditunda

Sabtu, 23 April 2022 10:03 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor:
© yicaiglobal
Kasus Covid-19 Melonjak Lagi di China, Asian Games Terancam Ditunda. Copyright: © yicaiglobal
Kasus Covid-19 Melonjak Lagi di China, Asian Games Terancam Ditunda.

INDOSPORT.COM - Asian Games 2022 di China terancam di tunda setelah kasus Covid-19 di negara itu kembali melonjak.

Asian Games 2022 bukanlah ajang olahraga biasa. Turnamen itu termasuk besar bahkan sekelas Olimpiade. Rencananya pesta olahraga negara-negara Asia tersebut dijadwalkan berlangsung pada September tahun ini di Hangzhou, China.

Akan tetapi kini negara itu justru sedang bergulat dengan keadaan darurat Covid-19. Belum ada keputusan yang dibuat tetapi ada kemungkinan ditunda, kata pejabat yang bekerja pada badan olahraga Dewan Olimpiade Asia (OCA) kepada AFP, Sabtu (23/04/22).

Ini bukan kali pertama turnamen di China harus ditunda karena terdampak wabah Covid-19. Sebelumnya, sudah ada beberapa turnamen olahraga yang mengalami penundaan.

Terakhir China jadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin pada Februari 2022 lalu. Shanghai, kota terbesar di China, mengalami wabah COVID-19 terburuk di negara itu dalam dua tahun terakhir, dengan pembatasan selama berminggu-minggu membuat sebagian besar dari 25 juta penduduknya terkurung di rumahnya.

Panitia penyelenggara mengatakan keseluruhan 56 arena kompetisi untuk Asian Games telah selesai bulan ini dan berjanji menerbitkan rencana pengendalian virus yang akan meniru Olimpiade Musim Dingin.

"Kami kini hanya membuat beberapa penyesuaian akhir dan peningkatan fasilitas," kata pejabat yang bertanggung jawab atas pengoperasian arena Hangzhou Olympic Sports Center, Lu Chunjiang, kepada jaringan televisi China CCTV.

Hangzhou yang berjarak kurang 200 kilometer dari Shanghai, dijadwalkan menyelenggarakan Asian Games yang akan berlangsung pada 10-25 September. 

Ini adalah tuan rumah ketiga bagi  China setelah Beijing pada 1990 dan Guangzhou pada 2010.