Bola Internasional

SEA Games: Media Vietnam Beritakan Timnas Indonesia Banyak Dirugikan oleh Tuan Rumah

Senin, 9 Mei 2022 16:45 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Than Nien yang merupakan media dari Vietnam turut memberitakan keluh kesah Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021 soal fasilitas yang kurang memadai. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Than Nien yang merupakan media dari Vietnam turut memberitakan keluh kesah Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021 soal fasilitas yang kurang memadai. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Keluhan dari berbagai elemen Timnas Indonesia U-23 soal fasilitas lapangan latihan yang kurang memadai untuk mereka di SEA Games 2021 rupanya sudah sampai di telinga media Vietnam sebagai negara penyelenggara.

Garuda Muda sejak awal kedatangannya ke Hanoi diberi dua lapangan untuk mempersiapkan diri yakni Bai Bang dan Tam Nong namun tidak ada yang dirasa cocok.

Akibatnya persiapan Rachmat Irianto dan kawan-kawan jelang laga matchday pertama kontra Vietnam U-23 menjadi kurang optimal.

Meski diakui jika tuan rumah memang bermain lebih baik, tetapi masih bisa disimpulkan jika kekalahan 3-0 Timnas Indonesia di partai tersebut mungkin tidak akan terjadi jika fasilitas yang diberikan memadai.

Media asal Vietnam, Than Nien, membahas soal protes dari timnas Indonesia yang berasal dari Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, dan Shin Tae-yong selaku pelatih kepala pada Senin (09/05/22) ini.

Than Nien melaporkan jika baik Zainudin maupun Coach Shin mengeluhkan kondisi lapangan latihan yang berlubang serta berpasir.

"Menteri Pemuda dan Olahraga dari Indonesia, Zainudin Amali, telah mengajukan komplain terkait fasilitas yang disediakan untuk tim sepak bola putra mereka di SEA Games 2021," tulis Than Nien.

"Sebelumnya pelatih Indonesia yakni Shin Tae-yong juga sudah berkali-kali menyampaikan rasa tidak senangnya dengan lapangan latihan timnya terutama lapangan Bai Bang milik pabrik kertas Phu Tho," lanjut artikel mereka lagi.

Sayangnya dari pihak Than Nien pemberitaan mereka hanya sampai pada komentar kedua tokoh terkait. Tidak ada usaha untuk mencari tahu soal kebenaran keluhan tersebut maupun kritik pada panitia ajang.