Tak Hanya dari Eropa, Ini Deretan 5 Stadion Terbaik di Dunia

Rabu, 28 Desember 2022 10:43 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Isman Fadil
© John Walton
Stadion Tottenham Hotspur menjadi stadion pertama klub Liga Inggris yang dites uji coba ditengah wabah Virus Corona. Copyright: © John Walton
Stadion Tottenham Hotspur menjadi stadion pertama klub Liga Inggris yang dites uji coba ditengah wabah Virus Corona.

INDOSPORT.COM – Berikut adalah deretan lima stadion terbaik yang ada di dunia. Namun, yang terbaik justru tidak di Eropa.

Stadion telah menjadi salah satu hal penting yang tidak dapat dilepaskan dari industri olahraga, baik sepak bola, basket, maupun olahraga yang lain.

Stadion telah menjadi salah satu aspek bagi sebuah tim dalam menunjang permainan hingga prestasi mereka.

Sebut saja Anfield Stadium, markas milik klub Liga Inggris, Liverpool yang begitu magis dengan atmosfer yang mereka hadirkan.

Tak ayal atas adanya aspek tersebut, tak jarang sebuah tim berlomba-lomba unttuk membangun stadion terbaik mereka.

Berikut setidaknya ada 5 deretan stadion terbaik yang ada di dunia melansir dari TheStadiumBussines.

Penilaian yang dilakukan oleh TheStadiumBussines dinilai dari aspek kepemimpinan, inovasi, pencapaian, pengoperasian, dan pengelolaan.

1. Optus Stadium

Optis Stadion telah dinobatkan oleh stadion terbaik di dunia oleh TheStadiumBussines pada tahun 2022 ini.

Menariknya, stadion terbaik ini justru tidak berada di Eropa yang dikenal dengan kemajuan infrastruktur dan pembangunannya.

Optus Stadium sendiri berada di Australia Barat atau tepatnya di Perth. Dibangun pada tahun 2013 dan selesai pada 2018, Optus Stadium berkapasitas 60.000 orang.

Meski bukan yang terbesar secara kapasitas, penilaian yang dilakukan oleh TheStadiumBussines memang dilakukan secara objektif dengan melihat berbagi aspek, salah satunya adalah inovasi.