SAC Indonesia National Championship, 336 Peserta Bersaing di Jakarta dan Bertemu Atlet Nasional

Jumat, 13 Januari 2023 06:09 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
© SAC Indonesia 2022
SAC Indonesia masuki fase National Championship di Stadion Madya Senayan, Jakarta. Copyright: © SAC Indonesia 2022
SAC Indonesia masuki fase National Championship di Stadion Madya Senayan, Jakarta.

INDOSPORT.COM - Para pelajar putri dari delegasi Central Java Qualifiers (Jawa Tengah) tampil mendominasi pada babak penyisihan Energen Champion SAC Indonesia National Championship di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Kamis (12/01/23).

Dari persaingan nomor lari jarak menengah (1.000 meter), Aziyyati Dina Amalina dari SMAN 1 Pabelan menjadi yang tercepat dari 21 pesaing mewakili sembilan qualifiers pada babak penyisihan fase National Championship ini. 

Tak hanya dari lintasan lari, delegasi putri dari Central Java Qualifiers (Jateng) juga mendominasi pada nomor lapangan, tepatnya dari tolak peluru. Tiga pelajar putri mereka berhasil melaju ke final.

Total sebanyak 336 pelajar putra dan putri bersaing pada Energen Champion SAC Indonesia National Championship ini. 

Mereka adalah pelajar berstatus winner dan runner-up dari sembilan regional qualifiers, serta best 3 record untuk lima nomor yang diperlombakan, yakni sprint, relays, middle distance, long jump dan shot put. 

Sebelum memasuki babak puncak National Championship ini, Energen Champion SAC Indonesia digelar di sembilan Regional Qualifiers yang bergulir mulai akhir Agustus hingga pertengahan Desember 2022 lalu. 

PB PASI menyampaikan terima kasih pada DBL Indonesia yang telah bersedia berkolaborasi untuk memulai perhelatan Energen Champion SAC Indonesia ini. 

Energen Champion SAC Indonesia merupakan format baru PASI dalam upaya menjaring bibit-bibit atlet atletik. Selama ini PASI melakukan penjaringan lewat kompetisi yang diikuti langsung oleh atlet. 

"Ini yang membuat dukungan lebih kuat. Kompetisinya lebih banyak ditonton. Terbukti di 9 kualifikasi panitia bisa menghadirkan lebih dari 31 ribu peserta. Ini menjadi bukti atletik itu milik pelajar. Atletik itu milik anak-anak muda," jelas Sekjen PB PASI, Tigor Tanjung.

Para pemenang nasional ini, tak hanya mendapatkan gelar juara. Melainkan, akan diajak mengikuti training camp di fasilitas sports science ternama di Australia.