Baru Dilantik, Ketum KONI Pusat Minta KONI Jabar Siapkan Atlet untuk SEA Games

Rabu, 22 Februari 2023 18:55 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Arif Rahman/INDOSPORT
Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Marciano Norman, turut membahas soal SEA Games 2023 dalam pelantikan kepengurusan KONI Jabar 2022-2026. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Marciano Norman, turut membahas soal SEA Games 2023 dalam pelantikan kepengurusan KONI Jabar 2022-2026.

INDOSPORT.COM - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Marciano Norman, turut membahas soal SEA Games 2023 dalam pelantikan kepengurusan KONI Jabar 2022-2026.

Pada agenda yang digelar pada Selasa (21/02/23) lalu itu, Marciano menuturkan jika Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang banyak menyumbangkan atlet-atlet dari berbagai cabang olahraga untuk Timnas Indonesia.

Sehingga, dia meminta ketua dan pengurus KONI Jawa Barat periode 2023-2026 yang baru dilantik untuk menyiapkan para atlet di Jawa Barat untuk menghadapi event internasional diantaranya yang terdekat SEA Games XXXII/2023 di Kamboja.

"Saya harapkan segera melakukan perencanaan dan evaluasi dalam arti untuk memulai babak kualifikasi PON dalam waktu dekat, dan dalam waktu dekat juga kita akan ikut SEA games di Kamboja, di mana atlet Jawa Barat yang masuk pelatnas juga sudah mempersiapkan diri," kata Marciano di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (21/02/23).

Lebih lanjut Marciano Norman mengatakan, kekuatan atlet dari berbagai daerah salah satunya dari Jawa Barat sangat dibutuhkan untuk memperbaiki peringkat Indonesia di event internasional, mulai dari SEA Games, Asian Games hingga Olimpiade.

Sehingga, pengurus KONI harus bisa meningkatkan juga kualitas dan pretasi atlet di daerahnya masing-masing, agar kekuatan Timnas Indonesia semakin lebih baik lagi.

Melihat kepengurusan KONI Jabar masa bakti 2022-2026 yang diisikan berbagai tokoh olahraga hingga akademisi, Marciano Norman merasa optimis kualitas dan prestasi atlet di Jawa Barat akan semakin meningkat.

"Dan untuk Indonesia bisa menaikkan peringkatnya pada Olimpiade, tak akan bisa kita lakukan kalau atlet-atlet yang ada di daerah ini prestasinya tidak meningkat. Karena jangan bermimpi kita masuk peringkat baik di Asian Games apabila SEA Games saja kita masih juga berada di peringkat lima, empat, atau tiga, kita harus juara umum," jelasnya.

Ketum KONI Jabar, M. Budiana, mengatakan setelah dilantik pihaknya akan langsung bergerak cepat untuk persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan digelar di Sumatera Utara dan Aceh 2024.

"Karena di bulan Maret kami laporkan kepada pak Ketum dan sekda, di bulan Maret sudah ada dua cabor yang melakukan pra PON," kata Budiana.