In-depth

Seru untuk Ditonton, 5 Film Olahraga Terbaik yang Pernah Berjaya di Oscar

Senin, 13 Maret 2023 13:35 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/Hannah Mckay/File Photo
Will Smith, aktor yang membintangi film tenis King Richard. Foto: REUTERS/Hannah Mckay/File Photo. Copyright: © REUTERS/Hannah Mckay/File Photo
Will Smith, aktor yang membintangi film tenis King Richard. Foto: REUTERS/Hannah Mckay/File Photo.

INDOSPORT.COM - Penghargaan Academy Awards alias Oscar kembali dihelat saat awal tahun, kali ini di Dolby Theatre, Los Angeles, Minggu (12/03/23) malam waktu setempat.

Sepanjang sejarah, Academy Awards telah memberikan banyak penghargaan kepada para penggiat film, sebagai bentuk apresiasi jerih payah mereka dalam berkarya.

Teranyar, film CODA berhasil memenangkan penghargaan Best Picture di edisi sebelumnya, dengan Will Smith dan Jessica Chastain menggondol predikat Best Actor dan Best Actress.

Tema yang diusung film-film dalam nominasi Academy Awards dari masa ke masa pun beraneka ragam, termasuk olahraga.

Ya, film bertema atau berlatar belakang olahraga juga pernah menguasai panggung Oscar, masuk ke nominasi, atau bahkan memenangkan penghargaan.

Nah, berikut film-film olahraga terbaik yang pernah berkompetisi di Academy Awards, dan tentunya layak menjadi referensi tontonan para sport lover. Apa saja?

King Richard (2021)

Film beraroma tenis ini disutradarai oleh Reinaldo Marcus Green dan membawa Will Smith meraih penghargaan Best Actor di Academy Awards edisi yang lalu.

Bukan hanya itu, King Richard juga menggondol enam nominasi di Academy Awards ke-94 pada Maret 2022 lalu termasuk kategori Best Actor.

Kelima nominasi lainnya adalah Best Picture, Best Supporting Actress, Best Film Editing, Best Original Song, dan Best Original Screenplay.

Bahkan, di Academy Awards ke-94, Will Smith tidak hanya mencuri atensi berkat kemenangannya di kategori aktor terbaik Oscar.