Muhadjir Effendy: Kemenpora Jadi Pelopor Memasyarakatkan Olahraga di Indonesia

Rabu, 26 April 2023 19:55 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© INDOSPORT
Logo Kemenpora Copyright: © INDOSPORT
Logo Kemenpora

INDOSPORT.COM - Sehari setelah melakukan sertijab, Plt. Menpora Muhadjir Effendy mendukung penuh kegiatan senam Hari Krida di Kantor Kemenpora

Hal tersebut disampaikan Muhadjir Effendy saat memberikan sambutan di acara senam bersama Organisasi Olahraga Kebugaran Indonesia (ORKI) di halaman Kantor Kemenpora, Jumat (17/3/23).

"Saya sangat mendukung kegiatan senam ini karena Kemenpora harus menjadi pelopor paling depan untuk memasyarakatkan, membudayakan olahraga. Agar olahraga menjadi pola hidup dan menjadi bagian dari kehidupan siapa saja orang Indonesia," ucap Muhadjir Effendy.

"Saya bicara begini di depan bapak ibu bukan hanya sekedar mengimbau tapi saya sudah melakukannya. Dan Alhamdulilah saya sampai sekarang dengan usia yang sudah 66 tahun, lari putar lapangan tiga kali masih kuat," sambungnya.

Menurutnya, dengan berolahraga maka biaya untuk kesehatan bisa dikurangi dengan sangat signifikan. Dengan cara ini, maka masyarakat mengedepankan pencegahan daripada pengobatan.

"Seperti yang kita tahu bahwa biaya BPJS sangat tinggi untuk kesehatan.  Misalnya untuk dana BPJS kesehatan itu tidak kurang dari Rp70 triliun," cetus Muhadjir Effendy.
 
"Sekarang ini, masyarakat yang tak mampu yang ditanggung oleh pemerintah itu sebesar 96 juta jiwa, termasuk yang ditanggung Pemda. Pemda itu juga anggarannya dari pemerintah pusat untuk diberikan kepada keluarga tidak mampu melalui Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS kesehatan."

"Jadi masyarakat yang pembayaran ditanggung oleh negara sebesar 96 juta jiwa, kalau banyak yang sakit maka dana itu yang hampir 100 triliun itu tidak cukup. Karena itu marilah kita menjadi pelppor untuk mengutamakan sehat, melakukan pencegahan daripada harus ke RS," sambungnya.

Pada kesempatan tersebut, dia mengajak seluruh pejabat Kemenpora untuk terus berolahraga agar tubuh bisa bugar. "Nanti kapan-kapan akan saya ajak pejabat eselon 1 kemenpora untuk lari," ucap Muhadjir.

"Untuk yang laki-laki marilah kita gerakan untuk melangsingkam perut. Jadi sangat memalukan kalau pejabat Kemenpora perutnya buncit-buncit. Karena itu saya minta semua harus melangsingkan perutnya," tutupnya.