KONI Pusat dan Plt Menpora Bahas PON 2024 Aceh-Sumut hingga Pembinaan Atlet

Senin, 24 April 2023 12:53 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Wikipedia
Logo Pekan Olahraga Nasional (PON). Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Wikipedia
Logo Pekan Olahraga Nasional (PON).

INDOSPORT.COM - Plt Menpora RI, Muhadjir Effendy, bersilaturahmi dengan Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman, dan pengurus lain di Lantai 12 Gedung Piramid, KONI, Jakarta Pusat, Selasa (21/3/23) sore. 

Plt Menpora mendapat sambutan hangat dan penjelasan secara detail soal tugas dan fungsi KONI dalam menjalankan amanah Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 Tentang Keolahragaan untuk melakukan pembinaan atlet secara berjenjang. 

Usai melakukan pertemuan, Plt Menpora Muhadjir Effendy mengaku merasa senang bisa bersilaturahmi dengan segenap pengurus KONI Pusat. 

"Meskipun saya Plt Menpora, tapi saya ingin bekerja seperti definitif. saya akan banyak mendengar masukan-masukan dari beberapa stakeholder olahraga," kata Muhadjir. 

Muhadjir Effendy juga menyampaikan pertemuan dengan KONI Pusat tadi membahas terkait persiapan PON 2024 yang diadakan di Aceh dan Sumut. 

"Kami akan terus berkoordinasi agar pelaksanaan PON 2024 di Aceh-Sumut nanti berjalan lancar. Termasuk saya juga mendapatkan laporan terkait persiapan atlet menuju Asean Games 2023 Kamboja dan Asian Games 2023," lanjut Muhadjir.                

Di sisi lain, Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman, menyampaikan persiapan menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024. Tuan rumahnya adalah Aceh dan Sumatra Utara yang akan dilaksanakan September tahun depan. 

Menurut Marciano, saat ini KONI terus melakukan koordinasi dengan PB PON baik pusat dan daerah untuk mempersiapkanya dengan baik. 

"Untuk Sumatra Utara sampai saat ini tidak ada masalah dan koordinasi berjalan dengan baik, mungkin untuk Aceh yang butuh percepatan," ucap Marciano Norman.

"Untuk pembangunan stadion sebagai salah satu tempat penyelenggaraan PON nanti. Saat ini semua daerah sudah menjalankan pelatda untuk menghadapi PON 2024 nanti," cetusnya.   

Marciano juga menyampaikan saat ini KONI Pusat tengah memberi perhatian kepada daerah Otonomi Daerah (Otda) yang sedang melakukan pembentukan KONI baru. 

"Kami juga menyampaikan kepada pak Plt Menpora terkait Otda yang akan mendirikan KONI. Kami mendukung pembentukan KONI baru di daerah sebagai wujud pembinaan atlet daerah," tandas Marciano Norman.