Buntut Insiden Bendera Indonesia Terbaik di SEA Games, Kamboja Mengaku Salah

Sabtu, 6 Mei 2023 00:18 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Isman Fadil
© PRESS OCM Opening Ceremony
Bendera Indonesia dikibarkan terbalik dalam acara pre show opening ceremony SEA Games 2023. Copyright: © PRESS OCM Opening Ceremony
Bendera Indonesia dikibarkan terbalik dalam acara pre show opening ceremony SEA Games 2023.

INDOSPORT.COM – Kamboja dilaporkan telah meminta maaf atas insiden bendera Indonesia yang terbalik di upacara pembukaan SEA Games 2023, Jumat (05/05/23).

Dalam acara pre show pembukaan SEA Games 2023 yang berlangsung di Morodok Techo National Stadium Phnom Penh, terjadi insiden bendera Indonesia terbaik.

Kejadian ini sontak menjadi viral di media sosial di mana netizen Indonesia langsung ramai menyerang akun media sosial SEA Games 2023 Kamboja.

Tindakan yang dilakukan oleh warga net Indonesia didasarkan karena perasaan tidak terima karena bendera yang menjadi simbol kebanggaan justru terbalik.

Menyikapi masalah tersebut, Kamboja dilaporkan sudah menyampaikan permohonan maaf sehingga insiden seperti bendera Indonesia terbalik tidak terjadi di upacara pembukaan SEA Games 2023.

Sementara itu, upacara pembukaan SEA Games 2023 sejatinya dijadwalkan pada 19.00 waktu setempat. Tetapi, para penonton justru diminta untuk datang lebih cepat.

Akibatnya, dalam jeda waktu itu, panitia pelaksana menyuguhkan pre show sebelum upacara pembukaan dimulai. Dari sana insiden bendera Indonesia terbaik itu terjadi.

Komite Olimpiade Indonesia (KOI) atau NOC Indonesia telah mengirimkan surat keberatan kepada Panitia Penyelenggara SEA Games 2023 Kamboja (CAMSOC).

Berangkat dari sana, Kamboja dilaporkan sudah menyampaikan permintaan maaf kepada Indonesia atas insiden bendera Merah Putih yang terbalik.

Selain itu Kamboja juga langsung bertindak dengan cepat sehingga kejadian bendera Indonesia yang terbalik tidak terulang di upacara pembukaan SEA Games 2023.