Dibakar Matahari Kamboja, Cabor Maraton Sukses Kawinkan Emas di SEA Games 2023

Sabtu, 6 Mei 2023 13:49 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Agus Prayogo, atlet pelari nasional andalan Indonesia. Copyright: © Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Agus Prayogo, atlet pelari nasional andalan Indonesia.

INDOSPORT.COM - Meski cuaca Kamboja sangat terik, tetapi cabang olahraga atletik nomor maraton sukses mengawinkan dua medali emas di pentas SEA Games 2023.

Setelah meraih emas perdana di nomor Aquathlon, tim Indonesia kini menambah medali emas dari cabang olahraga atletik nomor individual maraton putra dan putri. 

Dalam perlombaan yang digelar di Ankor Wat, Siem Reap, Sabtu (06/06/23), medali emas dari nomor individual maraton putra dipersembahkan oleh sosok Agus Prayogo.

Sementara itu, medali emas dari nomor putri direbut oleh Odekta Elvina Naibaho. Ditambah dua medali dari cabor bersepeda, Indonesia kini sudah mengoleksi lima emas.

Agus Prayogo lebih dulu mengamankan medali emas setelah menjadi yang tercepat menyentuh garis finis di maraton putra. Ia membukukan waktu 2 jam 32 menit 59 detik.

Kemudian, disusul Odekta yang mengukir waktu 2 jam 48 menit 14 detik. Padahal pada edisi SEA Games 2021 Vietnam lalu, Odekta mencatatkan waktu 2 jam 55 menit 28 detik.

Manajer tim atletik Indonesia, Mustara, mengatakan bahwa keberhasilan maraton mengawinkan medali emas tak lain karena persiapan serius yang telah mereka jalani. 

Menurut Mustara, sebelum Agus Prayogo dkk bergabung di Pelatnas, mereka sudah ada program mandiri, yang bertajuk Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional (PP-PON).

"Sebelum ada pelatnas, ada program PP-PON. Program ini jadi program tetap dan berkesinambungan cukup baik, karena sejarahnya marathon ini penyumbang kontributor di SEA Games," ujar Mustara. 

"Mudah-mudahan ini jadi pertaruhan gengsi maraton antarAsia," sambungnya.