Kacau! Kamboja Gunakan Manusia Jadi 'Tiang' Bendera Juara SEA Games 2023

Senin, 8 Mei 2023 13:25 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Isman Fadil
© SEA Games 2023
Tuan rumah SEA Games 2023, Kamboja jadi sorotan di podium cabor atletik yang dimenankan oleh pelari Indonesia, Odekta Elvina Naibaho. Copyright: © SEA Games 2023
Tuan rumah SEA Games 2023, Kamboja jadi sorotan di podium cabor atletik yang dimenankan oleh pelari Indonesia, Odekta Elvina Naibaho.

INDOSPORT.COM – Tuan rumah SEA Games 2023, Kamboja menuai sorotan usai menggunakan manusia sebagai tiang bendera di cabang olahraga atletik yang berhasil dimenangkan pelari Indonesia, Odekta Elvina Naibaho.

Seperti diketahui, Kamboja memang menjadi bulan-bulanan netizen karena dianggap kurang mumpuni menjadi tuan rumah pesta olahraga Asia Tenggara, SEA Games 2023.

Hal ini dimulai dari insiden bendera terbalik di upacara pembukaan di mana posisi bendera Indonesia putih di atas dan merah di bawah yang sukses membuat netizen meradang.

Namun, kali ini, Kamboja kembali menuai sorotan karena menggunakan manusia sebagai tiang bendera saat upacara penyerahan medali di cabor atletik nomor maraton putri.

Momen ‘aneh’ ini dibagikan akun Twitter @selebtwit3r, yang memperlihatkan wakil Indonesia, Odekta Elvina Naibaho menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sambil menghadap ke tiang bendera yang dibawa oleh panitia SEA Games 2023.

SEA Games Kamboja memang unik, tiang bendera dari manusia,” tulis akun Twitter @selebtwit3r.

Sekadar informasi, Odekta Elvina Naibaho sendiri keluar sebagai yang tercepat di nomor maraton putri mengalahkan wakil Vietnam, Le Thi Tuyet dan wakil Filipina, Christine Hallasgo.

Di tengah panas terik Kamboja, Odekta dengan sukacita menyanyikan Indonesia Raya menghadap bendera Merah Putih yang dibawa oleh manusia itu.

Meski diwarnai momen unik tiang bendera yang dibawa manusia di SEA Games 2023, Odekta Elvina Naibaho tetap merasa gembira dapat megharumkan nama Indonesia meski di tengah cuaca yang panas.

“Jauh-jauh hari saya sudah mengantisipasi cuaca panas ini, makanya saya tidak ingin mencari rekor. Yang penting saya dapet emas,” kata Odekta, dilansir Antara.