In-depth

3 Fakta Kun Khmer di SEA Games 2023, Buat Kamboja Digdaya di Negeri Sendiri

Jumat, 12 Mei 2023 12:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Dok: NOC Indonesia/Naif Al
Kamboja sebagai tuan rumah berhasil menggondol seabrek medali melalui kun khmer. Foto: Dok. NOC Indonesia/Naif Al. Copyright: © Dok: NOC Indonesia/Naif Al
Kamboja sebagai tuan rumah berhasil menggondol seabrek medali melalui kun khmer. Foto: Dok. NOC Indonesia/Naif Al.

INDOSPORT.COM - Sebagai tuan rumah SEA Games 2023, Kamboja tampil gemilang dengan memborong banyak medali melalui kun khmer.

Kun khmer alias pradal serey merupakan olahraga mirip free boxing yang berasal dari Kamboja dan baru dipertandingkan di SEA Games 2023.

Keputusan penyelenggara untuk memasukkan kun khmer ke edisi ke-32 SEA Games tahun ini ternyata berbuah manis.

Kamboja menjadi kontestan dengan raihan medali terbanyak. Mereka menguasai daftar medali emas memberi ampun bagi negara-negara lainnya.

Nah, kira-kira hal menarik apa saja tentang kun khmer di SEA Games 2023, terutama terkait Kamboja, yang membabi buta di ajang perolehan medali?

Kedigdayaan Kamboja

Sebagai tuan rumah dan ‘akar’ kun khmer, Kamboja bersinar sangat terang di edisi SEA Games kali ini. Mereka memborong sampai belasan medali.

Berdasarkan catatan di laman resmi cambodia2023, Kamboja mendominasi 19 event dengan medali emas mereka.

Vietnam menjadi negara tersukss kedua dengan kemenangan di lima event, yakni 45, 48, 51,57, dan 60 kg putri.

Vietnam juga berhasil menggondol medali perak di event 54 kg putri dan kun kru, serta 45, 48, 51, 67, 71, dan 75 kg putra.

Meski Kamboja dan Vietnam hanya berselisih sedikit soal jumlah medali, tuan rumah tetap tampil superior karena berhasil menggondol 14 emas.