Timnas U-22 Bantai Thailand, Ketua NOC: Emas Sepak Bola Kado Penutup yang Indah

Rabu, 17 Mei 2023 10:13 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© PSSI
Tim Indonesia menutup perjuangan di SEA Games 2023 Kamboja dengan manis setelah Timnas Indonesia U-22 menang atas Thailand di laga final, Selasa (16/05/23). Copyright: © PSSI
Tim Indonesia menutup perjuangan di SEA Games 2023 Kamboja dengan manis setelah Timnas Indonesia U-22 menang atas Thailand di laga final, Selasa (16/05/23).

INDOSPORT.COM - Tim Indonesia menutup perjuangan di SEA Games 2023 Kamboja dengan manis setelah Timnas Indonesia U-22 menang atas Thailand di laga final, Selasa (16/05/23) malam di National Olympic Stadium, Phnom Penh. Skuad Garuda Muda menang telak 5-2. 

Raihan emas di cabor sepak bola itu menuntaskan dahaga setelah puasa selama 32 tahun di SEA Games. Terakhir cabor sepak bola naik podium pertama pada SEA Games 1991 di Filipina.  

Keping emas yang dipersembahkan sepak bola sekaligus menyempurnakan kekuatan cabang olahraga beregu Kontingen Indonesia di SEA Games 2023

Medali itu juga memastikan Indonesia mempertahankan posisi seperti tahun lalu, yaitu berada di peringkat ketiga dengan 87 emas, 80 perak dan 109 perunggu.

Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) mengatakan emas dari sepak bola adalah kado penutup yang indah. Pasalnya, capaian medali di SEA Games 2023 melewati harapan Presiden RI, Joko Widodo. 

“Emas sepak bola menjadi kado penutup indah dari Tim Indonesia kepada seluruh masyarakat Indonesia. Kita berasa di ranking tiga di klasemen akhir," ujar Okto. 

"Alhamdulillah capaian medali kita memenuhi harapan Presiden Joko Widodo, dengan membawa pulang lebih dari 69 medali emas. Kita mendapat 87 emas, sama seperti Okto (delapan) dan Sapta (tujuh),” imbuhnya. 

Ketua NOC juga mengacungkan jempol atas mental para pemain Timnas U-22 yang berhasil jawab kerinduan masyarakat terhadap prestasi sepak bola. Apalagi, awalnya banyak yang meragukan. 

“Saya bangga atas capaian atlet-atlet sepak bola Tim Indonesia. Kalian luar biasa. Kalian membuktikan mampu menjawab bully-an yang netizen dengan prestasi emas," ujarnya.