Didukung Langsung Menpora Dito, Indonesia Tambah Medali Asian Games 2022 dari Wushu

Minggu, 24 September 2023 20:12 WIB
Editor: Juni Adi
© Ronald Seger Prabowo/INDOSORT
Aksi pewushu Indonesia, Edgar Xavier Marvelo. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSORT
Aksi pewushu Indonesia, Edgar Xavier Marvelo.

INDOSPORT.COM - Indonesia berhasil menambah pundi-pundi medalinya di ajang Asian Games 2022 setelah atlet wushu Edgar Xavier menyumbang perak.

Tim Indonesia berhasil menambah perolehan medali perak di Asian Games 2022 kali ini dari cabang olahraga wushu melalui atlet andalan, Edgar Xavier Marvello pada Minggu (24/09/23) di XSG Sport Center.

Menghadapi wakil tuan rumah China, Sun Peiyuan, Edgar Xavier bernasib kurang beruntung karena mendapatkan skor 9,786 dari juri.

Ia kalah dari wakil tuan rumah China Sun Peiyuan yang meraih skor 9,840. Urutan ketika direbut wakil Macau, Song Chi Kuan dengan skor 9,760. 

“Kita bersyukur membuka pertandingan wushu ini Edgar bermain luar biasa dengan semangat tinggi. Tentunya ini jadi motivasi untuk yang lain,” kata Ngatino, Sekjen Pengurus Besar Wushu Indonesia mengutip dari laman Kemenpora.

Meski gagal meraih medali emas, tapi perjuangan Edgar Xavier patut diapresiasi. Pasalnya ia bertanding pasca menjalani operasi namun bisa merebut medali perak.

“Dia sudah berjuang walaupun dengan kondisi kesehatannya akhir-akhir ini mengkhawatirkan karena baru operasi di pinggang. Ini tentu berkat semangat atlet sehingga itu bisa dilalui,” ujar Ngatino. 

“Semua pengurus yang mendampingi khawatir dengan kondisi Edgar, tetapi Alhamdulillah ini bisa dilalui dengan baik,” imbuhnya. 

Ngatino optimis, wushu masih akan membuka peluang untuk menambah pundi-pundi medali buat Tim Indonesia di Asian Games 2022.