Atlet Cantik Peraih Medali SEA Games Incar Naik Podium di Minahasa Wakefest 2023

Selasa, 14 November 2023 19:21 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Atlet wakeboarding, Nadya Atalia Sinaga. Copyright: © Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Atlet wakeboarding, Nadya Atalia Sinaga.

INDOSPORT.COM - Indonesia akan menjadi tuan rumah olahraga air berskala internasional, yakni Minahasa Wakefest 2023 pada 24-26 November 2023 di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Danau Tondano akan menjadi tempat pelaksanaannya. 

Minahasa Wakefest 2023 mengusung tema ‘Lake Tondano, Home for Everyone’. Ajang ini diikuti oleh tujuh negara, yakni China, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Singapura, Taiwan, dan Thailand. 

Salah satu atlet wakeboarding nasional, Nadya Atalia Sinaga akan berpartisipasi pada event ini. Dia mengincar medali, minimal naik podium ketiga karena lawan-lawannya dinilai tidak mudah.

“Persiapan sudah cukup karena latihan sudah lama. Ini olahraga yang cukup dikenal, tapi di daerah masih kurang jadi dengan event ini tujuannya untuk mencari bakat baru atau peminat,” ucapnya. 

“Secara prestasi ini kan tingkat Asia, jadi naik podium juara tiga juga cukup memuaskan,” imbuh peraih medali perunggu SEA Games 2019 Filipina itu. 

Selain incar prestasi, Nadya juga punya misi lain yakni perkenalkan Danau Tondano ke atlet luar negeri, dengan harapan ke depan bisa jadi destinasi latihan. 

“Selain pertandingan ini, saya ingin Tondano ini fasilitasnya bisa dipakai atlet luar negeri seperti Korea Selatan, Jepang karena kalau musim dingin mereka tak bisa latihan, jadi saya ajak datang dan latihan di sini,” tambahnya.

Minahasa Wakefest 2023 akan memperlombakan dua cabang olahraga air, yakni wakeboard dan wakesurfs. 

Ada perbedaan di antara wakeboard dan wakesurfs. Wakeboard adalah kombinasi dari waterskiing, snowboarding, dan surfing. Pada kompetisi, setiap rider wakeboard diperbolehkan untuk menunjukkan rutinitas manuver yang mereka pilih.

Penilaian akan ditekankan pada eksekusi, intensitas, dan komposisi. Rider diharapkan dapat menunjukkan manuver smooth, mengalir, dan dengan berbagai variasi trik. Semua harus dieksekusi dengan rapi dan setinggi mungkin dari permukaan air.

Sementara itu, wakesurfs adalah olahraga air di mana rider menaiki selancar. Namun, saat memulai berselancar rider berpegangan pada sebuah tali penarik yang dikaitkan pada perahu. Setelah papan seluncur naik ke permukaan air, mereka melepaskan tali penari tersebut dan bebas berselancar.

Rio Dondokambey selaku Ketua Panitia Minahasa Wakefest 2023 menjelaskan bahwa akan ada beberapa kategori yang akan dipertandingkan dalam Minahasa Wakefest 2023. 

Pada cabang wakeboard terdapat kategori Junior Boys and Girls Under 14, Novice Men and Women, Intermediate Men and Women, Advance Men and Women, Masters Men and Women, serta Open Men and Women.

Pada cabang wakesurfs, terdapat kategori Junior Boys and Girls Under 14, Novice Men and Women, Intermediate Men and Women, serta Open Men dan Women.

Kejuaraan ini juga didukung Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno. Ia berharap acara seperti Minahasa Wakefest 2023 dapat menjadi ajang promosi sport tourism, salah satu wisata minat khusus yang menjadi fokus Kemenparekraf.

“Kami melihat sports tourism sebagai fase baru pariwisata pasca Covid-19. Wisata jenis ini tumbuh sangat signifikan dengan total 20-30 persen dari seluruh traveller yang datang ke Indonesia adalah wisatawan minat khusus yang subsektornya adalah sports tourism. Justru masa depan dari pariwisata minat khusus ini secara berkelanjutan ada di sports tourism,” tuntas Sandiaga.