x

Pimpin DKI, Mari Tagih 3 Janji Anies-Sandi Soal Olahraga

Selasa, 17 Oktober 2017 10:51 WIB
Editor: Galih Prasetyo

Setelah resmi dilantik oleh Presiden RI, Jokowi pada Senin 16 Oktober 2017 kemarin, Anies Baswedan dan Sandiago Uno pada hari ini, Selasa 17 Oktober 2017 sudah resmi menjalankan tugas baru mereka sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang baru. 

"Lembar baru bagi Jakarta malam hari ini telah dibuka. Saudara semua, hari ini lembar baru kembali dibuka untuk perjalanan panjang kota Jakarta, ketika niat lurus telah dituntaskan ketika ikhtiar gotong royong dalam makna yang sesungguhnya dan didukung dengan doa yang tanpa henti dipanjatkan maka pertolongan Allah SWT telah datang. Tak ada yang bisa menghalangi apa yang telah ditetapkan oleh-Nya. Tak ada pula yang bisa mewujudkan apa yang telah ditolak-Nya." kata Anies seperti dikutip dari Indosport.com dari detik.com 

Baca Juga
Pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno

Warga DKI Jakarta tentu saja menunggu janji-janji pasangan ini selama masa kampanye beberapa waktu lalu. Salah satu janji yang ditunggu warga Jakarta utamanya para pendukung Jakmania, basis suporter Persija Jakarta ialah soal stadion baru yang pernah dikatakan pasangan ini. Selain soal stadion ada lagi janji pasangan ini di bidang olahraga, apa saja itu? Mari kita mengingatnya sembari mengawal janji-janji itu agar bisa direalisasikan oleh Anies Baswedan dan Sandiaga Uno untuk pembaca setia INDOSPORT.com


1. Stadion setara Old Trafford

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Pada Mei 2017 lalub saat memasuki masa kampanye Pilkada DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiago Uno sempat melontarkan janji soal membangun stadion baru untuk Persija Jakarta. Tak tanggung-tanggung, pasangan ini bahkan menyebut stadion milik Manchester United, Stadion Old Trafford sebagai salah satu rujukan mereka untuk membangun stadion anyar tersebut. Bahkan untuk contoh tribun, Sandiaga Uno mencotoh tribun stadion milik Bayern Munchen. 

“Terpilih tidak terpilih, saya akan tetap membangun stadion untuk Jakarta dan untuk klub kesayangan kita bersama,” kata Sandiaga Uno.

"Stadionnya nanti bertaraf internasional ya. Rumputnya seperti di Manchester United (Old Trafford). Tempat duduknya bakal seperti di Jerman, Bayern Munchen," lanjutnya. 

Anies-Sandiaga sudah memiliki cara pembangunan dan lokasi stadion baru untuk Persija yang bisa memakan biaya sebesar Rp2 triliun.

"Opsi pertama di Taman BMW dan ini kita punya waktu untuk menyelesaikan permasalahan hukumnya," kata Sandiaga.

"Stadion internasional yang sekarang bisa dibilang world class. Namun, itu bisa menjadi bukan hanya rumah bagi Persija tapi juga bisa jadi destinasi event internasional olahraga lainnya," tambahnya saat itu. 


2. Kompetisi Olahraga Antarkelurahan

Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Saat menyambangi Gelanggang Remaja Jakarta Timur, Jalan Otista, Jakarta Timur pada Januari 2017 lalu, Anies Baswedan mengatakan bahwa jika ia terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta bersama pasangannya, Sandiaga Uno, ia ingin di Jakarta terselenggara kompetisi olahraga antarakelurahan. 

"Kami ingin menggalakkan kembali olahraga di Jakarta. Ini sangat penting, terutama bagi pemuda, untuk mengisi waktu luangnya. Kami berkomitmen membangun kompetisi antarkelurahan tiap tahunnya," kata Anies saat itu seperti dikutip Indosport.com dari detik.com 

Ditambahkan Anies, bakal  ada empat sampai lima kompetisi olahraga secara berturut di seluruh anak muda di seluruh Jakarta. Anies optimistis adanya kompetisi olahraga yang teratur juga akan bermanfaat bagi perekonomian warga. Ia mengatakan akan menggandeng pihak swasta untuk mendukung kompetisi tersebut.

"Tiga bulan kemudian sektor swasta terlibat, sponsor muncul. Warga muncul karena diadakan dalam satu periode, begitu kegiatan olahraga dilakukan kolosal, maka yang terjadi pelibatan publik yang luar biasa," katanya.

Sementara itu, Sandiaga Uno mengatakan olahraga akan membatu pemerintah membangun Jakarta. Dengan warganya yang sehat, menurut Sandi, pembangunan akan berjalan cepat.

"Tidak boleh lagi anak-anak kita bergerak lambat. Harus cepat dan bahagia warganya agar pembangunan juga lebih cepat," ucapnya.


3. Jaminan untuk atlet Jakarta

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno.

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno juga pernah menjanjikan bahwa masa depan atlet Jakarta bakal cerah andai mereka sudah resmi menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Pernyataan itu dilontarkan pasangan ini saat kampanye Pilkada DKI Jakarta. Pasangan ini berencana program jaminan masa depan bagi atlet berprestasi asal Jakarta.

Program jaminan itu, kata Anies, salah satunya menyediakan pekerjaan yang layak bagi para atlet. Anies menilai, atlet sulit untuk mendapat pekerjaan karena sejak muda fokus untuk menekuni salah satu bidang saja.

Di samping itu, dengan adanya jaminan pekerjaan, bagi orangtua yang anaknya memiliki potensi di bidang olahraga, tak khawatir melepaskan anaknya menekuni bidang tersebut.

"Hari ini ada orangtua lihat anaknya potensial jadi atlet, pasti nanya nanti makan apa kalau sudah gede, padahal di banyak tempat sudah berubah. Kami ingin menjamin mereka termasuk lapangan kerja," ujar Anies seperti dikutip dari tribunnews.com

Persija JakartaDKI JakartaSandiaga S. UnoAnies Baswedan

Berita Terkini