x

Obor Asian Games Diarak Keliling Indonesia, 45 Negara Siap Meliput

Jumat, 27 April 2018 15:04 WIB
Editor: Juni Adi
Asian Games Palembang 2018

Kurang dari tiga bulan lagi, pesta olahraga terbesar di Asia, Asian Games 2018 akan segera dimulai pada bulan Agustus. Seperti pada gelaran sebelumnya, sebuah tradisi akan dilakukan jelang pembukaan event akbar tersebut yakni pengarakan obor keliling Indonesia.

Rencananya, kirab obor ini akan memulai perjalanannya di Candi Prambanan, Yogyakarta, pada 16 Juli 2018 mendatang sebelum berpindah keliling ke sejumlah daerah di Indonesia.

Baca Juga

1. Diliput 45 Negara

Kirab obor Asian Games.

Pemerintah melalui Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Hadi Prabowo meminta masyarakat untuk menyambut meriah kirab obor tersebut .

Upaya menyemarakkan bisa dilakukan dengan berbagai kegiatana kreatif seperi menampilkan kesenian, budaya pariwisata, ekonomi kreatif dan sektor unggulan daerah.

Hal tersebut dilakukan karena akan ada puluhan negara yang akan meliput pengarakan obor tersebut, sehingga bisa dimanfaatkan untuk memasarkan dan memperkenalkan potensi suatu daerah ke tingkat internasional.

"Saya mohon daerah dapat menyemarakkan, baik yang dilewati obor, maupun tidak karena itu sesuai amanat dan kebijakan Presiden. Pengarakan obor Asian Games akan melewati 18 provinsi dan 49 kabupaten/kota," kata Hadi Prabowo. 

"Terkait dengan anggaran, Kemendagri sudah mengeluarkan edaran bahwa daerah dapat menganggarkan dengan mekanisme mendahului perubahan," ujarnya.


2. Api Obor dari India

Asian Para Games 2018

Api dari obor itu sendiri diambil dan didatangkan langsung dari India, sebagai tempat dari Asian Games digelar pertama kalinya pada 1951 silam.

"Didatangkan dari India karena Asian Games pertama kali digelar di sana," ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Akhmad Yusuf Wibowo. 

Yusuf melanjutkan, rute arak-arakan obor  dimulai dari New Delhi, India pada 15 Juli mendatang yang akan dibawa ke Merapen, Jawa Tengah, untuk mengambil api abadi.

"Mengapa ke Jateng karena di sana ada api abadi yang akan dikawinkan dengan api abadi yang dibawa dari India. Kemudian baru dimulai dari Merapen, kemudian ke 12 provinsi dan 26 kabupaten lainnya di Indonesia," ungkap Ketua Deputi I INASGOC ini.


3. Asian Games 2018

Spanduk Asian Games 2018.

Asian Games 2018 sendiri akan dimulai pada 18 Agustus hingga 2 September 2018. Ini merupakan kali kedua Indonesia menjadi tuan rumah sejak 1962. Selain DKI Jakarta, sejumlah cabang olahraga akan dipertandingkan di Palembang, Sumatera Selatan.
 

Asian GamesAsian Games 2018

Berita Terkini