x

Raih 3 Medali, Indonesia Dominasi Kejuaraan Dunia Panjat Tebing

Senin, 7 Mei 2018 14:17 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Timnas sport climbing Indonesia berfoto bersama usai kejuaraan dunia panjat tebing di Chongqing, China

Prestasi menawan ditampilkan oleh atlet-atlet Timnas Panjat Tebing Indonesia di China. Indonesia berhasil meraih tiga medali sekaligus, yakni medali emas, perak, dan perunggu di nomor speed IFSC World Cup Chongqing, China yang berakhir Minggu (06/05/18) kemarin malam.

Baca Juga

1. Medali Emas

Aries Susanti Rahayu mengangkat kedua tangannya setelah naik di podium dan menjadi yang tercepat dalam kejuaraan dunia panjat tebing di Chongqing, China

Dilansir dari rilis Humas FPTI yang diterima INDOSPORT, Medali emas diraih oleh Aries Susanti Rahayu di nomor speed world record.

Pada babak final, dirinya mengalahkan wakil dari Rusia, Elena Timofeeva dengan catatan waktu 7,51 detik berbanding 9,01 detik.

Aries Susanti Rahayu (kiri) sesaat sebelum melakukan pemanjatan dalam babak final kejuaraan dunia panjat tebing di Chongqing, China.

2. Medali Perak

Aspar Jaelolo harus puas dengan medali perak dan berdiri di podium nomor dua dalam kejuaraan dunia panjat tebing di Chongqing, China.

Medali perak diberikan oleh Aspar Jaelolo. Aspar Jaelolo gagal merengkuh emas pada detik-detik terakhir, saat ia mendekati puncak, Aspar sedikit terpeleset.

Hal ini membuat sang lawan yang juga berasal dari Rusia, Dmitrii Timofeev berhasil mencuri kesempatan. Dmitrii pun unggul dengan catatan waktu 5,76 detik, sedangkan Aspar 6,80 detik.

Aspar Jaelolo harus puas dengan medali perak dan berdiri di podium nomor dua dalam kejuaraan dunia panjat tebing di Chongqing, China.

3. Medali Perunggu

Puji Lestari tersenyum lebar setelah di final sukses mengalahkan atlet asal Russia. Puji berhak meraih medali perunggu dalam kejuaraan dunia panjat tebing di Chongqing, China.

Sementara medali perunggu dipersembahkan Puji Lestari yang pada laga perebutan juara ketiga nomor speed world record perorangan putri, mencatatkan waktu 8,11 detik.

Lagi-lagi wakil dari Rusia berhasil dikalahkan, yakni Anna Tsysannova dari Rusia yang gagal meraih puncak karena terpeleset.


4. Nomor Putra

Timnas sport climbing Indonesia berfoto bersama usai kejuaraan dunia panjat tebing di Chongqing, China

Untuk penentuan juara ketiga nomor speed perorangan putra, Darryil Boldyrev dari Ukraina menang tipis atas Jin Xin Li dari China. Darryil menorehkan waktu 5,73 detik, sedangkan Jin Xin Li 5,88 detik.

Indonesia tampil dominan dalam final nomor speed world record baik perorangan putra maupun putri. Dari 14 atlet yang turut bertanding, sembilan diantaranya masuk final. Dominasi ini juga dicuitkan akun twitter resmi International Federation of Sport Climbing (IFSC).


5. Menpora: Modal Bagus untuk Asian Games

Logo Asian Para Games 2018.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi meyakini raihan medali ini akan menjadi modal bagus untuk berlaga di Asian Games mendatang.

“Selamat dan sukses buat Aries, Puji dan Aspar serta Timnas panjat tebing atas pencapaian prestasi yang luar biasa kali ini. Pertahankan prestasi kalian karena Asian Games 2018 dan event-event bergengsi lainnya berada di depan anda,” tulis Nahrawi dalam pesan di Whatsapp.

“Jangan cepat berpuas diri, raihlah prestasi dan emas-emas berikutnya demi kejayaan olahraga Indonesia. Saya yakin panjat tebing akan menjadi salah satu cabor yang mengangkat martabat bangsa ini di dunia,” tambahnya.

IndonesiaFederasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI)Panjat TebingTimnas Indonesia

Berita Terkini