x

Starting XI Kombinasi Barcelona-Real Madrid versi INDOSPORT

Sabtu, 5 Mei 2018 18:00 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Caption

Barcelona memang telah dipastikan menjadi juara La Liga Spanyol di musim ini, namun bukan berarti mereka nantinya akan bermain dengan malas-malasan.

Apalagi, lawan yang dihadapi adalah sang rival seteru, Real Madrid dan bermain di hadapan pendukung mereka sendiri, Camp Nou.

Blaugrana juga pastinya mengincar rekor unbeaten alias tak terkalahkan di ajang La Liga di musim 2017/18 ini.

Ya, El Barca hingga pekan ke-34 ini memang belum pernah kalah dengan rincian 26 kali menang dan 8 kali imbang. Dengan menyisakan 4 laga lagi, pastinya Lionel Messi dkk ingin menyapu bersih kemenangan atau setidaknya menghindari kekalahan.

Baca Juga

Di sisi lain, Madrid yang bertindak sebagai tim tamu juga tentunya tak ingin dibekuk oleh sang rival seteru.

Selain ingin mencatatkan rekor head to head dengan Barca, Los Blancos juga pastinya ingin mengejar poin sempurna demi mendapatkan posisi kedua di klasemen pada akhir musim nanti.

Saat ini, Cristiano Ronaldo cs berada diurutan ketiga di klasemen sementara dengan torehan 71 poin dari 34 laga. Jumlah poin mereka ini selisih 4 angka dengan sang rival sekota, Atletico Madrid yang menempati urutan kedua dengan menyegel 75 poin.

Nah, sebelum pertandingan yang akan digelar pada hari Senin (07/05/18) pukul 01:45 WIB mendatang, marilah kita melihat bagaimana jika skuat Barcelona dan Real Madrid jika dikombinasikan.

Berikut susunannya versi INDOSPORT dengan menggunakan formasi 4-3-3:


1. Kiper

Marc-Andre ter Stegen.

Marc-Andre ter Stegen

Jika melihat statistik dari Transfermarkt, kiper Barcelona Marc-Andre ter Stegen memang tampil impresif di musim ini.

Tercatat, kiper asal Jerman ini mampu menyelamatkan gawangnya sebanyak 23 kali dari 45 pertandingan di seluruh kompetisi pada musim ini.

Jumlah ini lebih banyak dibandingkan dengan kiper Real Madrid, Keylor Navas yang hanya melakukan 10 penyelamatan dari 41 pertandingan di seluruh kompetisi.

Navas memang tampil cemerlang saat membela El Real pada leg kedua semifinal Liga Champions melawan Bayern Munchen, sayangnya penampilan kiper Kosta Rika tersebut di musim ini kurang konsisten.

Hal itulah yang membuat kami memilih Ter Stegen sebagai di posisi kiper utama dalam kombinasi Barcelona-Madrid ini.


2. Bek

Sergio Ramos.

Pada posisi bek kiri, dihuni oleh Marcelo yang penampilannya sangat menawan bersama Madrid pada musim ini.

ia akan ditemani oleh bek kanan Barcelona, Sergi Roberto yang gaya bermainnya juga tak perlu diragukan lagi.

Untuk posisi bek tengah? Duet penggawa Timnas Spanyol, Sergio Ramos dari Madrid dan Gerard Pique milik Barcelona tentu membuat lini serang lawan manapun akan kesulitan untuk mencetak gol.


3. Gelandang

Toni Kroos, pemain bintang Real Madrid.

Pada posisi gelandang bertahan, sepertinya layak diberikan kepada Toni Kroos. Pemain asal Jerman ini memang lebih berperan sebagai playmaker, namun ia juga dapat bermain sebagai gelandang bertahan untuk menyeimbangkan permainan tim baik saat sedang menyerang maupun sedang bertahan.

Di sisi sayap kiri, ditempati oleh Isco yang dalam beberapa pertandingan terakhir mampu menjadi motor serangan Los Blancos dengan baik.

Di sisi kanan dihuni oleh Ousmane Dembele yang juga motor serangan Barca. Kecepatan yang dimiliki oleh Dembele dan Isco dari kedua sisi lapangan tentu akan membuat lini pertahanan lawan manapun akan ketar-ketir.


4. Striker

Lionel Messi (kiri/Barcelona) dan Cristiano Ronaldo (Real Madrid).

Posisi striker di sisi kiri jelas dihuni oleh Cristiano Ronaldo yang memang sudah lama menguasi pos tersebut.

Kemampuannya yang dapat menyisir serangan dari sisi lapangan dan memotong ke lini tengah membuat para pemain bertahan lawan juga kerap kesulitan untuk menjaganya.

Jika di sisi kiri ada Ronaldo, maka di sisi kanan ada Lionel Messi. Kemampuan olah bola yang andal serta memiliki gaya bermain yang serupa dengan Ronaldo namun dari sisi kanan ini jelas membuat para pemain bertahan lawan harus bekerja keras agar gawangnya tidak kebobolan.

Posisi striker tunggal? Tentu dipercayakan kepada Luis Suarez yang memang pintar dalam mencari celah ruang tembak.

Selain itu, mantan pemain Liverpool ini juga sangat jarang menyia-nyiakan peluang. Jika ada trisula yang dihuni oleh Ronaldo, Suarez, dan Messi, bek mana yang mampu mencegah pergerakkan mereka?

Cadangan

Kiper: Keylor Navas (Real Madrid), Jasper Cillessen (Barcelona)

Bek: Samuel Umtiti (Barcelona), Raphael Varane (Real Madrid), Dani Carvajal (Real Madrid), Jordi Alba (Barcelona)

Gelandang: Andres Iniesta (Barcelona), Philippe Coutinho (Barcelona), Casemiro (Real Madrid), Luka Modric (Real Madrid), Ivan Rakitic (Barcelona), Marco Asensio (Real Madrid)

Striker: Karim Benzema (Real Madrid), Gareth Bale (Real Madrid), Pace Alcacer (Barcelona)

Real MadridBarcelonaLaLiga SpanyolEl ClasicoLiga Spanyol

Berita Terkini