x

Inilah 3 Manfaat yang Bisa Bikin Kamu Jadi Ikut Car Free Day

Jumat, 19 Oktober 2018 13:33 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Kegiatan Car Free Day (CFD) di sekitar Stadion Utama Gelora Bung Karno.

INDOSPORT.COM - Rutinitas pekerjaan memang sangat menjemukan bagi hampir semua warga kota Jakarta. Bagaimana tidak, perjalanan ke kantor yang macet dan omelan atasan telah meningkatkan level stres yang kita alami.

Jika jiwa mengalami depresi akibat masalah yang dihadapi akan berdampak pada kesehatan tubuh. Kitapun akan mencari cara agar bisa lepas dari kepenatan yang pelan-pelan akan menggerogoti kesehatan.

Baca Juga

Tak hanya itu, kemacetan yang ada di lalu lintas juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh dan bumi yang tercinta ini.

Salah satu solusi untuk mengatasi masalah itu adalah car free day atau yang biasa dikenal dengan hari bebas kendaraan.

Kegiatan yang dilakukan sejak 2002 ini dapat mengatasi hampir semua masalah yang sudah disebutkan diatas. Dengan adanya hari bebas kendaraan, polusi yang disebabkan oleh asap kendaraan bermotor dapat diminimalisir sehingga kesehatan dapat terjaga.

Car free day juga dapat menekan level stress, dengan berolahraga di ruang terbuka hijau, dapat membuat kesehatan tubuh menjadi lebih terjaga dengan olahraga. Selain itu, berada di tempat yang serba hijau juga akan membuat jiwa orang yang melihatnya lebih damai, otomatis level stress dapat ditekan.

Baca Juga

Masih banyak lagi manfaat yang ditawarkan oleh kegiatan car free day. Sayangnya banyak warga kota yang enggan mengikuti kegiatan ini karena hanya ingin bersantai di rumah saja setelah bekerja seminggu penuh.

Mungkin, dengan mengetahui manfaat car free day berikut ini, kamu akan jadi lebih tertarik dengan kegiatan yang sudah dilakukan lebih dari 10 tahun itu.

Berikut INDOSPORT rangkum 3 manfaat yang bisa bikin kamu ikut car free day


1. Sebagai Usaha Menyelamatkan Bumi Dari Kehancuran

Puluhan Bonek galang dana di car free day.

Dengan adanya car free day, otomatis jumlah mobil dan motor yang beredar di jalanan kota menjadi lebih sedikit. Artinya polusi asap kendaraan bermotor menjadi berkurang sehingga paru-paru kita akan ikut menghirup udara bersih.

Bebas polusi udara akan membuat bumi menjadi lebih sehat juga karena tidak ada radikal bebas yang akan merusak lingkungan. Jika itu tidak cukup untuk menyelamatkan bumi dari kehancuran, bisa juga dengan mengikuti kegiatan bersih-bersih yang biasa dilakukan oleh peserta car free day.

Baca Juga

Tak hanya berolahraga di car free day, kita juga dapat melakukan kegiatan sosial seperti menanam pohon atau membersihkan jalanan kota dari sampah-sampah yang tercecer dimana-mana. Biar bagaimanapun kegiatan itu dilakukan demi anak cucu kita, agar mereka masih bisa menempati bumi yang bebas dari segala jenis pencemaran.


2. Wadah Untuk Berdemokrasi

Puluhan Bonek galang dana di car free day.

Sebagai negara yang menganut nilai-nilai luhur dari demokrasi, tentu kita perlu ikut menjunjung aturan-aturan untuk bebas berpendapat. Dengan mengikuti kegiatan car free day, kita juga bisa menyarakan apa opini kita selama ini yang selalu terpendam.

Misalnya suara kita yang ingin suatu daerah dibersihkan lingkungannya, itu bisa kita kemukakan di depan orang banyak yang mengikuti kegiatan car free day. Kita bisa mengajak pengunjung car free day untuk satu suara dengan kita mengenai suatu masalah.

Baca Juga

Tak jarang kegiatan car free day telah menjadi tempat masyarakat sekitar berdemo menyarakan apa suara hati dari rakyat. Tapi yang harus diingat adalah berdemo dengan cara yang bertanggung jawab seperti tidak merusak fasilitas tempat umum dan menggangu ketertiban peserta car free day yang lain.


3. Melatih Berpikir Positif

Puluhan pesilat mulai dari anak-anak hingga orang dewasa melakukan aksi di saat hari bebas kendaraan atau Car Free Day di Jalan Sudirman Jakarta.

Percaya atau tidak, apa yang kita pikirkan akan terjadi dengan ajaib pada tubuh kita, sehingga ada istilah apa yang dipikirkan adalah cerminan diri dan tubuh kita. Berpikir positif akan membawa banyak dampak positif karena akan tubuh kita akan menerima sugesti positif dari apa yang kita pikirkan.

Baca Juga

Salah satu cara melatih pikiran menjadi lebih positif adalah dengan datang ke acara car free day, disana kamu akan melihat ruang terbuka hijau yang dapat menyejukan mata dan hati. Selain itu, kamu dapat bertemu orang baru yang dapat menularkan pikiran positif juga.

Terus ikuti berita sepak bola dan berita olahraga lainnya di INDOSPORT.COM