x

10 Cara Gampang Mengecilkan Perut dalam Waktu Sekejap

Sabtu, 3 November 2018 15:15 WIB
Penulis: Dimas Ramadhan Wicaksana | Editor: Yohanes Ishak
Contoh transformasi Perut dari gemuk ke six pack.

INDOSPORT.COM – Perut merupakan salah satu bentuk tubuh yang sangat penting bagi setiap manusia. Terlebih perut menjadi bagian tubuh yang mempresentasikan diri sendiri.

Perut yang terisi oleh banyak lemak jelas akan sangat mempengaruhi penampilan. Tidak hanya itu, lemak dalam perut juga dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan.

Baca Juga

Hal itupun diungkapkan oleh ahli gizi dan olahraga berlisensi internasional, Jansen Ongko, M.Sc., RD. Ia mengatakan bahwa lemak berlebih yang ada dalam perut memiliki banyak efek negatif bagi diri sendiri.

“Kelebihan lemak perut menyebabkan produksi hormon tertentu ikut berlebihan sehingga berefek negatif terhadap kesehatan dan berpotensi menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, seperti resistensi insulin pemicu kencing manis, obesitas, tekanan darah tinggi, kadar trigliserida yang berlebihan, stroke, sakit jantung, dan lain-lain,” ujarnya seperti dikutip dari Fitness For Men.

Tak hanya itu saja, Jansen juga menambahkan banyaknya surplus kalori dan makan yang suka melebihi kapasitas serta gaya hidup dapat mempengaruhi cepat atau lambat proses penumpukan lemak di perut.

Baca Juga

Dengan banyaknya efek dari menumpuknya lemak dalam perut, tentu membuat setiap orang merasa takut dan memiliki keinginan untuk menghindarinya dengan mengecilkan perut.

Lantas, bagaimana langkah yang tepat untuk mengecilkan perut? Berikut INDOSPORT merangkum 10 cara yang efektif memangkas lemak perut menurut Jansen Ongko.


1. Banyak Minum Air Putih

Ilustrasi minum air putih.

Semua tentu mengetahui manfaat dari mengonsumsi air mineral atau air putih. Salah satunya adalah memperlancar pencernaan. Namun ternyata, dengan banyak minum air putih dapat membantu membakar lemak di perut loh.

Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa dengan meminum air putih kurang lebih sebanyak 2 liter dalam sehari itu ternyata setara dengan berjalan selama 20 menit atau membakar sebanyak 100 kalori.

Ilustrasi mengonsumsi protein

Konsumsi Protein dan Kurangi Gula.

Seperti kita ketahui, gula itu mengandung cukup banyak karbohidrat. Untuk itu penggunaan gula perlu diperhatikan dengan menguranginya.

Selain mengurangi konsumsi gula, salah satu cara lainnya adalah dengan memperbanyak konsumsi protein seperti sayur-sayuran dan biji-bijian.

Ilustrasi Begadang

Hindari Begadang

Begadang merupakan salah satu kegiatan yang banyak dilakukan oleh semua orang. Mereka melakukannya lantaran banyak pekerjaan yang belum selesai sehingga merasa harus mengerjakannya hingga larut malam.

Baca Juga

Namun kini, coba untuk berpikir ulang mengenai begadang. Pasalnya, saat lelah, tubuh menghasilkan ghrelin berlebih, hormone yang memicu keinginan untuk mengonsumsi gula dan makanan berlemak. Kurang tidur juga dapat mengubah produksi hormon Anda sehingga mempengaruhi tingkat kortisol.

Sit-up.

Sit Up Tidak Menghilangkan Lemak Perut.

Dengan melakukan sit up, biasanya orang beranggapan bahwa lemak perut akan berkurang. Namun ternyata hal itu salah. Melakukan sit upsecara rutin memang dapat membuat otot perut Anda menjadi kuat, tetapi tidak akan membakar lemak pada perut.

Jika ingin mengecilkan perut, sebaiknya dikombinasikan dengan latihan yang menempa otot besar seperti kaki, bahu, dada, dan yang lainnya sehingga pembakaran lemak berjalan secara maksimal.

Ilustrasi Vitamin C

Konsumsi Vitamin C.

Vitamin C dikenal memiliki manfaat dalam hal kekebalan tubuh kita. Benar memang, tetapi sejatinya vitamin C juga dapat mengubah lemak menjadi bahan bakar atau energy bagi tubuh.

Baca Juga

Tubuh sebenarnya hanya membutuhkan sekitar 90-90 mg vitamin C setiap harinya. Untuk mendapatkannya, kita bisa dapat mengonsumsi sepotong pepaya atau sebuah kiwi. Jika kelebihan, vitamin itu hanya akan dikeluarkan melalui urine karena Vitamin C merupakan vitamin yang larut dalam air.


2. Hentikan Konsumsi Soda

Minuman Soda.

Minuman yang satu ini jelas wajib hukumnya untuk dihindari jika ingin mengecilkan perut. Jika tidak menghindarinya, minuman ini justru akan membuat kita semakin gemuk.

Soda akan membuat kita merasa lapar dan menginginkan karbohidrat secara terus menerus. Hal ini disebabkan oleh pemanis buatan dalam soda sehingga membuat perut semakin besar dan kita jadi cepat lapar.

Ilustrasi Junk Food di lapangan.

Hindari Konsumsi Junk Food.

Di zaman yang serba instan ini, siapa yang tak pernah mengonsumsi junk food? Selain praktis dan lebih cepat, kebanyakan junk food juga menimbulkan cita rasa yang sangat lezat. Tetapi sepertinya mulai saat ini harus mengeliminasi semua makanan junk food tersebut.

Baca Juga

Makanan seperti junk food itu memicu penumpukan lemak pada perut. Sel lemak di perut sangat sensitif terhadap makanan yang tidak sehat. Selain junk food,makanan tidak sehat yang dimaksud adalah makanan yang tinggi kadar lemak dan gula seperti, gorengan, kue manis, dan jenis makanan lain yang diolah dengan menggunakan lemak trans.

Makanan berjenis lemak baik

Konsumsi Makanan Berlemak Baik.

Lemak baik atau lemak tak jenuh dapat dikonsumsi jika ingin mengecilkan perut. Lemak baik bisa membantu kita dalam manajemen berat badan karena peranya dalam regulasi hormone rasa kenyang dan lapar.

Lemak baik atau lemak makanan yang sehat antara lain adalah lemak ikan, lemak alpukat, lemak pada telur, lemak susu, lemak zaitun, lemak mentega, dan keju asli,

Ilustrasi Meditasi

Meditasi.

Dengan melakukan meditasi, produksi dari hormon stress kortisol akan menurun. Di sela-sela kesibukan, sempatkanlah melakukan meditasi dalam waktu yang singkat saja, 15 menit misalnya dalam sehari. Sehingga proses penumpukan lemak pada perut akan berkurang perlahan-lahan.

Olahraga lari.

Hidup Aktif

Cara yang terakhir ini merupakan cara yang paling penting diantara yang lainnya. Kita hidup jangan hanya mengandalkan diet saja, melainkan harus dikombinasikan dengan hidup yang aktif dan juga enerjik. Semakin aktif, semakin tinggi adanya kemungkinan pembakaran lemak.

Terus Ikuti Update Sepak Bola Indonesia dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

Komunitas SehatTips BugarTips dan TrikPasukan Sehat

Berita Terkini