x

5 Tips Memilih Perlengkapan Olahraga yang Tepat

Jumat, 11 Januari 2019 16:24 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Arum Kusuma Dewi

INDOSPORT.COM - Memilih perlengkapan olahraga sekilas memang terlihat mudah. Akan tetapi, pada praktiknya, terkadang masih ada beberapa hal yang kerap kita abaikan.

Olahraga merupakan sebuah aktivitas yang menuntut pelakunya untuk benar-benar fokus. Jika tidak memilih perlengkapan dengan benar dan sesuai, olahraga akan menjadi kurang menyenangkan.

Sekarang ini, beberapa orang tergoda untuk tampil menawan saat berolahraga. Memang tidak salah, hanya saja jangan sampai menyisihkan faktor kenyamanan yang menjadi dasar utama dalam memilih perlengkapan olahraga.

Baca Juga

Seperti apa perlengkapan olahraga yang ideal dan nyaman itu? Tentu ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan, bahkan kecil sekali pun.

Dari Momentum Fitness, INDOSPORT merangkum tips bagaimana memilih perlengkapan olahraga yang tepat.


1. Pemilihan Bahan dan Ukuran Pakaian

Ketika berolahraga, pilih pakaian nyaman dan menyerap keringat.

1. Pemilihan Bahan

Pemilihan bahan untuk pakaian maupun apa pun yang kita kenakan saat olahraga itu sangat penting. Jika salah pilih, bukan tidak mungkin kita akan merasa tidak nyaman sepanjang waktu dan kehilangan konsentrasi.

Pilih bahan yang bisa membuat kulitmu bernapas. Sejumlah bahan yang direkomendasikan adalah polyster, spandec, dan lycra.

Baca Juga

Pakaian dengan bahan-bahan tersebut tentu sudah sangat mudah ditemukan di toko-toko penjual apparel olahraga.

Bahan katun yang halus memang bisa digunakan tapi sangat tidak disarankan, apalagi saat pergi ke gym. Katun tidak bisa memberikan kelembaban dan bahannya tidak mudah kering.

Alih-alih membiarkan kulit bernapas, kita malah membuatnya menderita lantaran keringat yang menempel. Ujung-ujungnya, selain tidak nyaman, kita juga bisa mengalami iritasi dan gangguan kulit lainnya.

2. Ukuran Pakaian

Tidak kalah dengan pemilihan bahan, pemilihan ukuran pakaian juga sangat penting. Jika kita tidak menggunakan pakaian dengan ukuran tepat, pergerakan kita pun juga akan terganggu.

Di saat banyak orang yang tergoda untuk memilih pakaian longgar, sebenarnya sangat disarankan untuk memilih pakaian dengan ukuran pas badan – tentu saja jangan yang terlalu ketat.

Baca Juga

Baju atau celana longgar malah bisa menghambat aktivitas kita ketika berolahraga. Oleh karena itu, pilih pakaian pas yang lekukannya bisa mengikuti gerak badan.

Meski demikian, bukan berarti kita tidak bisa menggunakan pakaian longgar, ya. Hal itu sah-sah saja selama tidak terlalu kebesaran.


2. Bra Olahraga dan Sepatu

Selain pakaian, bra dan sepatu olahraga juga harus dipertimbangkan.

3. Gunakan Bra Olahraga

Kali ini khusus untuk kaum hawa yang ingin nyaman ketika berolahraga. Pastikan untuk selalu menggunakan bra olahraga.

Bra olahraga sudah didesain sedemikian rupa untuk menyangga dada dan payudara agar penggunanya nyaman bergerak. Selain itu, bra olahraga akan membantu penggunanya terhindar dari penegangan otot.

Baca Juga

Bra olahraga juga sudah sangat mudah ditemui di toko-toko sekitar kita. Meski didesain untuk fungsi yang sama, pastikan kamu juga nyaman ketika menggunakannya.

Pemilihan tali dan pengikat pun juga cukup penting. Pilih tali yang lebih besar untuk memaksimalkan beban yang ditopangnya.

Ilustrasi Sepatu Olahraga.

4. Jeli Memilih Sepatu

Banyak yang mengira sepatu olahraga bisa digunakan untuk semua olahraga. Namun faktanya ternyata tidak demikian.

Perlu diketahui, ada banyak jenis sepatu olahraga dengan fungsi berbeda-beda. Ada sepatu yang didesain khusus untuk lari, berjalan, mendaki, mengangkat beban, dan bersepeda.

Bahkan, sepatu untuk jenis olahraga di lapangan pun juga berbeda. Ini adalah faktor yang harus diperhatikan ketika memilih sepatu.

Baca Juga

Olahraga apa yang ingin kita lakukan? Perhatikan pula intensitas olahraga yang akan dilakukan supaya kita tahu kapan harus mengganti sepatu.

Ganti sepatu setelah digunakan selama 800 kilometer. Jika kesusahan menghitung, ambil cara yang lebih sederhana. Jika berolahraga satu sampai dua kali sepekan, kamu bisa mengganti sepatu setiap setahun sekali. Jika olahraga setiap hari, ganti sepatu setiap tiga bulan.


3. Pasang Aksesoris Penunjang

Mendengarkan musik saat berolahraga bisa menambah semangat.

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan ketika memilih perlengkapan olahraga adalah aksesoris. Namun maksud aksesoris di sini bukan jam tangan, kacamata, atau barang-barang lain untuk bergaya.

Aksesoris yang dimaksud lebih kepada alat-alat yang bisa menunjang fungsi atau kenyamanan aktivitas olahraga kita.

Baca Juga

Kita bisa membawa ponsel ketika berolahraga. Putar daftar lagu yang ada di ponselmu untuk menambah semangat ketika berolahraga. Aksesoris seperti ban lengan pun sangat disarankan supaya tangan kita tidak kerepotan memegang benda mungil tersebut.

Selain ponsel, kamu juga bisa membawa alat pemantau detak jantung yang juga sudah banyak beredar di pasaran. Selain berfungsi sebagai monitor, alat tersebut juga akan membantu penghitungan jumlah kalori yang dibakar selama berolahraga.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

OlahragaTips dan TrikLifestyle

Berita Terkini