x

Timnas Italia Jadi Bahan Guyonan Suporter Swiss, Netizen Indonesia: Banyak Pakar Sejarah!

Minggu, 27 Maret 2022 21:15 WIB
Penulis: Agung Wicaksono | Editor: Prio Hari Kristanto
Kegagalan Italia menembus babak utama Piala Dunia Qatar 2022 benar-benar menjadi sorotan banyak pihak bebrapa hari ini.

INDOSPORT.COM – Kegagalan Italia menembus babak utama Piala Dunia Qatar 2022 benar-benar menjadi sorotan banyak pihak bebrapa hari ini.

Sebelumnya, suporter Timnas Inggris lebih dulu turun ke media sosial, untuk mengolok-olok kekalahan Italia dalam laga kualifikasi melawan Makedonia Utara.

Baca Juga

Mereka mengembalikan ucapan bek Timnas Italia, Leonardo Bonucci yang berteriak ‘It’s Coming Rome’ yang berarti kembali ke Roma, saat menjuari Piala Eropa 2020.

Terikan bek Juventus itu kemudian menjadi bahan guyonan suporter Italia ke Inggris, tifosi Italia saling berlomba membuat plesetan salah satu chant suporter Inggris ‘Football is coming home’.

Namun keadaan justru berbalik, kini suporter The Three Lions ramai-ramai menertawakan kegagalan Gli Azzurri gagal ke Piala Dunia, dua kali beruntun.

Terbaru, giliran suporter Swiss yang ikut-ikutan menertawakan kegagalan anak asuhan Roberto Mancini ke Piala Dunia tahun ini, aksi ini mereka baru-baru ini.

Baca Juga

Hal ini tentu bukan tanpa alasan, Swiss merupakan sandungan utama Italia di babak penyisihan, keduanya tergabung dalam grup yang sama bersama Irlandia Utara, Bulgaria dan Lithuania.

Kedua negara bahkan sudah saling sikut selama babak fase Grup C kualifikasi zona Eropa. Dalam dua pertemuan itu juga diwarnai dua tendangan penalti untuk Italia.

Namun sayangnya, kedua penalti ini gagal dieksekusi Jorginho. Kegagalan itu disinyalir jadi alasan terkuat Italia tersingkir dari gelaran empat tahunan ini.

Melihat hasil buruk Italia, suporter Swiss langsung membuat aksi ‘guyonan’ saat Swiss memainkan pertandingan uji coba Internasional melawan Timnas Inggris.

Baca Juga

Sebagai informasi, pertandingan persahabatan ini digelar di kandang Timnas Inggris, Stadion Wembley pada Minggu (27/03/22), kemenangan menjadi milik tuan rumah.

Namun dalam laga persahabatan ini justru kedua suporter yang jadi sorotan utama, hal ini lantaran mereka sama-sama merayakan kegagalan Timnas Italia di Palermo lalu.


1. Guyonan Suporter Swiss ke Pendukung dan Timnas Italia

Alessandro Florenzi terpukul usai Italia dikalahkan Makedonia Utara di Playoff Kualifikasi Piala Dunia (REUTERS/Guglielmo Mangiapane)

Kendati alami kekalahan dari Inggris, suporter Swiss rupanya tak terlalu ambil pusing dengan hasil pertandingan di London malam itu, mereka justru terlihat sangat bergembira di tribun.

Bahkan beberapa suporter Swiss yang datang langsung ke Wembley kedapatan membentangkan spanduk putih sebagai respon kegagalan Gli Azzurri di babak Kualifikasi Piala Dunia.

Baca Juga

Spanduk tersebut bergambar menu pencarian di Google yang bertuliskan “Italy World Cup Qatar 2022” kemudian di bawahnya terdapat keterangan koreksi “Did you mean: Switzerland” .

Secara bahasa, spanduk ini berarti “Italia Piala Dunia Qatar 2022” dan “Maksud Anda: Swiss” bunyi isi spanduk yang dibentangkan suporter Swiss di Wembley.

Hal itu mungkin dilakukan suporter Swiss sebagai bahan olok-olokan kegagalan dua penalti Jorginho dan ungkapan kekesalan setelah Swiss kalah telak dari Italia dengan skor 0-3 di babak penyisihan Grup A Piala Eropa 2020 lalu.

Baca Juga

Tak hanya menjadi pembicaraan di luar sana, gambar ini bahkan sampai ke Indonesia. Akibatnya terjadi perdebatan panjang di kolom komentar yang memperlihatkan gambar suporter Swiss ketika mengolok-olok Italia dengan spanduk putih tersebut.

Ramai-ramai ini terjadi di akun Twitter @idextratime yang membagikan ulang gambar suporter Swiss yang tengah merayakan kegagalan Timnas Italia.

“Banyak banget pakar sejarah, bagus,” komentar akun @Yosera_

“Tim yang ngga pernah juara Piala Dunia dan Euro kok ngeledekin tim yang udah juara Piala Dunia 4 kali sama Euro 2 kali ckckckc,” timpal akun @Bimoopras

Baca Juga

“Fokusnya itu di kreativitas suporternya bikin baner sarkasme kaya gitu om, seharusnya ini lucu bagi orang normal, cuma di Indonesia malah jadi bahan debat hadehhh,” balas akun @duha_dante

“Terimakasih kepada pemain terbaik dunia versi fans Chelsea, Jorginho,” komentar akun @RioUchida00

“35 shoot, tapi cuma, 5 on target dan masih terngiang-ngiang Jorginho. Perbaiki sistem jangan cuma ngandelin hoki penalti,” balas akun @Wldnn_


2. Deretan Meme Kocak Usai Italia Keok Lawan Makedonia Utara

Laga antara Italia vs Makedonia Utara di Kualifikasi Piala Dunia. Foto: REUTERS-Guglielmo Mangiapane

Kebobolan satu gol pun membuat Timnas Italia akhirnya kalah dan gagal lolos ke Piala Dunia untuk dua kali secara beruntun.

Harus menanggung malu usai dikalahkan oleh Makedonia Utara kandang sendiri pun membuat Italia menjadi olok-olok warganet di jagat maya.

Kekalahan ini juga turut membuat Italia menjadi bahan olok-olokan berupa meme kocak berupa foto dan video singkat di jagat maya, terutama di Twitter oleh sejumlah netizen.

Mulai dari menyebut Gli Azzurri mendapatkan karma hingga ada Cristiano Ronaldo mengenakan sorban ala pria timur tengah usai Portugal menang dan menjadi ejekan untuk Italia.

Baca Selengkapnya: Deretan Meme Kocak Usai Italia Dipecundangi Makedonia Utara di Kualifikasi Piala Dunia 2022

ItaliaSwissPiala DuniaJuventusLeonardo BonucciTimnas InggrisJorginhoBerita TransferSportainmentKualifikasi Piala Dunia 2022Berita Sportainment

Berita Terkini