x

Hadapi Timnas Indonesia U-23 di Grup A, Vietnam Dijagokan Melenggang Mudah ke Final SEA Games 2021

Jumat, 22 April 2022 13:38 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
Usai beruji coba dengan Korea Selatan U-20, Vietnam U-23 diyakini bisa saingi Timnas Indonesia U-23 ke semi-final SEA Games 2021.

INDOSPORT.COM - Sebagai tuan rumah di ajang SEA Games 2021 di Hanoi mendatang, Vietnam diliputi kepercayaan diri tinggi termasuk untuk cabang olahraga sepak bola.

Bahkan meskipun mereka harus tergabung dalam grup yang sama dengan Timnas Indonesia U-23 untuk memperebutkan tiket ke semifinal, Vietnam masih yakin bisa melenggang mudah.

Baca Juga

Hal itu diyakini oleh mantan penggawa The Golden Star Warriors, Pham Min Duc. Dengan materi skuat seperti sekarang maka tidak ada misi yang terlalu berat untuk dihadapi.

Kualitas Vietnam U-23 sedikit ditampakkan kala mereka melakoni partai uji coba kontra Korea Selatan U-20 pada Selasa (19/04/22) lalu.

Kendati tertinggal lebih dulu lewat gol Lee Young-jun, Vietnam U-23 kemudian bisa menyamakan kedudukan eksekusi penalti Dang Van Toi. 

Baca Juga

Memang sampai akhir pertandingan skor 1-1 tidak berubah namun Pham cukup puas dengan performa para juniornya dan mengisyaratkan jika timnas Indonesia U-23 tidak perlu ditakuti berlebihan.

Semua pemain Vietnam U-23 memiliki kemampuan merata dan bisa mengcover banyak posisi. Di mata Pham, kelolosan ke babak gugur cabor sepak bola SEA Games 2021 sudah menjadi keniscayaan.

"Dang Van Lam, Hoang Anh, dan Dung Quang Nho adalah pemain yang oke. Bahkan saat tidak dipasang di posisi asli. Fleksibilitas Vietnam U-23 memang bagus," ujar Pham Min Duc.

Baca Juga

"Korea memang gagal dikalahkan namun kita bermain tanpa Hoang Duc, Hung Dung, dan Tien Linh. Aku rasa Vietnam U-23 bisa dengan mudah mencapai semi-final SEA Games nanti,"

"Bermain dengan formasi 3-5-2 membuat Park Hang-seo (pelatih Vietnam U-23) bisa bertahan dan menyerang lebih seimbang," tambah penggawa Vietnam di Piala AFF 2002 silam itu lagi.


1. Vietnam Masih Ingin Menempa Skuat

Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo

Vietnam U-23 masih punya satu uji coba lagi sebelum menyambut kedatangan Timnas Indonesia U-23 dan kompetitor-kompetitor lainnya di Hanoi pada Mei 2022 mendatang.

Lawannya masih sama yakni Korea Selatan U-20 namun hanya stadion tempat digelarnya laga saja yang berpindah dari Viet Tri Stadium ke Hang Day Stadium.

Baca Juga

Rencananya rematch akan digelar pada Jumat (22/04/22) mendatang dan Park Hang-seo diyakini akan menurunkan line-up yang lebih kuat.

Pasalnya tidak ada dopping yang lebih baik untuk menyongsong sebuah turnamen selain kepercayaan diri tinggi usai memenangkan partai pemanasan.

Bintang-bintang seperti Tien Linh, Hung Dung, dan Hoang Duc yang pada laga pertama tidak mendapat kesempatan beraksi kemungkinan besar bakal menjadi starter.

Baca Juga

Akan tetapi, bukan berarti hasil imbang di partai pertama dianggap tidak memuaskan karena pada dasarnya Park Hang-seo memang sedang ingin bereksperimen sehingga eror bisa saja terjadi.

Malahan juru taktik asal Korsel itu mengambil pelajaran positif usai bisa mengetahui sejauh mana kemampuan para pemain muda di Vietnam U-23.

Contohnya saja Bui Vi Hao. Wonderkid 19 tahun yang menjadi pemain termuda kedua di skuat Negeri Kopi saat ini yang sukses mencuri perhatian karena memenangkan tendangan penalti timnya.

Baca Juga

"Yang kulakukan adalah mengukur kemampuan para pemain. Sejumlah pemain muda membuatku kagum dan saya rasa 1-1 bukan hasil buruk," tukas Park Hang-seo seperti yang dikutip dari VnExpress.

Laga antara Vietnam U-23 melawan timnas Indonesia U-23 akan menjadi salah satu partai pembuka di cabor sepak bola SEA Games 2021 karena digelar pada 6 Mei 2022.


2. PSSI Tegaskan Rumakiek Cedera dan Tak Bisa Bela Timnas

Ramai Rumakiek. Foto : Nofik Lukman Hakim

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menjelaskan perihal batalnya pemain Persipura Jayapura, Ramai Rumakiek, untuk bergabung bersama Timnas Indonesia U-23.

Menurutnya, Ramai Rumakiek memang dibekap cedera. Ramai Rumakiek memang belakangan menjadi sorotan karena tidak kunjung datang dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia U-23.

Padahal Timnas Indonesia sedang menggelar pemusatan latihan sebagai persiapan menuju SEA Games 2021 di Vietnam pada Mei mendatang.

Ramai sejatinya tergabung bersama 28 pemain lainnya, sayang Ramai Rumakiek tak kunjung datang ke pemusatan latihan Timnas Indonesia U-23.

Dengan tindakannya ini, Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia mencoret Ramai Rumakiek karena dinilai melakukan tindakan indispliner.

Baca selengkapnya: PSSI Pastikan Ramai Rumakiek Cedera, Bukan Dihalangi Gabung ke Timnas Indonesia

Timnas Indonesia U-23Timnas IndonesiaBola InternasionalTimnas VietnamPark Hang SeoBerita Timnas IndonesiaSEA Games 2021

Berita Terkini