x

Tak Ingin Hancur Lebur di SEA Games 2021, Bulutangkis Vietnam Datangkan Sosok Asal Indonesia

Senin, 18 April 2022 17:35 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
Enggan hancur lebur di kandang sendiri, Asosiasi Bulutangkis Vietnam datangkan pelatih asal Indonesia, Hariawan, demi misi rebut medali Sea Games 2021.

INDOSPORT.COM –  Enggan hancur lebur di kandang sendiri, Asosiasi Bulutangkis Vietnam datangkan pelatih asal Indonesia, Hariawan, demi misi merebut medali SEA Games 2021.

Sebagaimana diketahui, multievent terbesar di Asia Tenggara, SEA Games 2021, bakal bergulir  di Hanoi, Vietnam, pada 12-23 Mei 2022 mendatang.

Baca Juga

Ada 40 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan, termasuk bulutangkis.  Cabor bulutangkis akan memainkan sektor beregu dan sektor individu pada 16-18, dan 19-22 Mei  di perorangan.

Negara-negara dengan tradisi medali seperti Indonesia, Thailand, dan Malaysia memiliki peluang besar untuk memborong medali bulutangkis di Sea Games 2022.

Namun bukan berarti negara lain di Asia Tenggara tak punya peluang untuk menyabet medali. Vietnam misalnya. Sebagai tuan rumah, Vietnam pasti membidik hasil maksimal.

Baca Juga

Bahkan secara historis,  Vietnam juga memiliki pemain-pemain andalan yang berjaya di Sea Games. Seperti veteran Nguyen Tien Minh yang menyabet medali perunggu Sea Games 2013, 2014, 2017.

Ada pula tunggal putri Vietnam, Vu Thi Trang, yang juga menyabet medali perunggu Sea Games 2013 dan 2015 lalu. Hanya saja, tak bisa dipungkiri bahwa pebulutangkis andalan Vietnam itu sudah tidak muda lagi.

Melansir media lokal Vietnam, 24 H, negaranya bahkan hanya mematok 1 medali perunggu cabang olahraga bulutangkis Sea Games 202.2

Baca Juga

“Bulutangkis hanya bertujuan untuk memanngkan setidaknya 1 medali perunggu di kandang. Itu menunjukkan misi minimal dan kewajaran dengan situasi bulutangkis Vietnam saat ini,” tulisnya.

Untuk itulah, demi menjaga kejayaan dan harga diri sebagai tuan rumah, Vietnam mendatangkan pelatih bulutangkis asal Indonesia, Hariawan.


1. Kedatangan Pelatih asal Indonesia

Pelatih bulutangkis asal Indonesia, Hariawan, didatangkan untuk membantu Vietnam meraih medali Sea Games 2021.

Masih melansir laman 24 H, Asosiasi Bulutangkis Vietnam mendatangkan pelatih asal Indonesia, Hariawan Hong, untuk membantu meningkatkan skill dan strategi untuk skuat Sea Games 2021.

Hariawan pun bukan pelatih yang sembarangan. Dia sudah malang-melintang ke berbagai klub dan negara dalam misi menghasilkan juara. Seperti saat menjadi asisten pelatih bagi Mulyo Handoyo.

Baca Juga

Dengan bergabungnya Hariawan, tentu saja Vietnam tak ingin hancur lebur di kandang. Tidak pula hanya mengandalkan sejumlah nama besar seperti Nguyen Tien Minh dan Vu Thi Trang.

“Kami berharap dengan hadirnya tenaga ahli dari Indonesia itu, dapat membantu meningkatkan kualitas professional tim kami,” ucap Mr.Le Thanh Ha, selaku sekretaris Jenderal Asosiasi Bulutangkis Vietnam.

Saat ini, tercatat bahwa Vietnam  memiliki pebulutangkis muda yang berpotensi menjadi kuda hitam untuk mendulang medali Sea Games 2022. 

Baca Juga

Seperti halnya tunggal putri ranking 53 dunia, Nguyen Thuy Linh.  Pebulutangkis berusia 24 tahun itu diproyeksikan untuk menyabet medali Sea Games 2022.

Bahkan demi Sea Games 2022, juara Bangladesh International 2019 itu sudah bekerja keras untuk berlatih sejak beberapa waktu terakhir.

“Meskipun banyak kesulitan karena pandemi, tetapi saya dan seluruh tim akan bekerja keras untuk mencapai hasil terbaik di Sea Games ke-31, untuk berkontribusi dalam pencapain Delegasi Olahraga Vietnam,” ucap Nguyen Thuy Linh.

Baca Juga

Selain itu, ada banyak nama andalan lain seperti Tran Thi Phuong Thuy, Dinh Thi Phuong Hong, Nguyen Tien Tuan, Le Duc Phat, dan masih banyak lagi. Hariawan pun diharapkan bisa memaksimalkan potensi darah muda Vietnam itu.

Segala sarana dan prasana pun demikian menunjang untuk menciptakan kondisi terbaik bagi pebulutangkis Vietnam. Tentunya dengan misi meraih medali Sea Games 2021.


2. Skuat Indonesia di SEA Games 2021

Termasuk Apriyani Rahayu, Indonesia rilis 20 pemain di cabor bulutangkis Sea Games 2021.

Ada fakta menarik selain Vietnam yang mendatangkan pelatih Indonesia, Hariawan, untuk misi menyabet medali di ajang Sea Games 2021.

Indonesia juga sudah merilis skuat mencekam di ajang Sea Games 2021. Sebanyak 10 atlet putra dan 10 atlet putri telah terpilih untuk mewakili cabang olahraga bulutangkis Sea Games 2021.

Ada Chico Aura Dwi Wardoyo, Christian Adinata, Yonathan Ramlie, Pramudya Kusumawardana, Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, Leo Rolly Carnando.

Kemudian, ada Daniel Marthin, Gregoria Mariska Tunjung, Putri Kusuma Wardani, Stephanie Widjaja, dan Saifi R Nurhidayah.

Tim putri juga menurunkan kekuatan penuh di sektor ganda dengan hadirnya Apriyani Rahayu hingga Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Kabid Bina Prestasi PBSI, Rionny Mainaky, mengatakan inilah skuat terbaik yang dipilih mewakili Merah Putih ke SEA Games 2022.

Baca selengkapnya: Termasuk Apriyani Rahayu,  ini 20 Wakil Bulutangkis Indonesia di Sea Games 2021

VietnamBulutangkisBerita BulutangkisSEA Games 2021Nguyen Tien Minh

Berita Terkini