x

Total Ratusan Miliar, Intip Bonus Fantastis Para Atlet Berprestasi Indonesia di SEA Games 2021

Selasa, 14 Juni 2022 05:45 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Presiden Jokowi memberikan bonus kepada atlet SEA Games 2021 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (13/06/22). Foto: Lukas/Biro Pers Sekretariat Pres

INDOSPORT.COM – Capai ratusan miliar rupiah jika ditotal, berikut rincian jumlah bonus yang bakal diterima para atlet Indonesia yang berprestasi di ajang SEA Games 2021 silam.

Kontingen Indonesia memang tampil cukup impresif dalam pesta olahraga terbesar se Asia Tenggara, SEA Games 2021 yang berlangsung di Vietnam sepanjang bulan Mei lalu.

Baca Juga

Dalam gelaran SEA Games ke-31 tersebut, tim Indonesia berhasil finish di urutan ketiga dengan koleksi 69 medali emas, 92 perak, serta 80 perunggu.

Atas prestasi tersebut, Presiden RI Joko Widodo mengungkapkan kegembiraan dan kebanggaan atas prestasi Tim Indonesia di SEA Games yang mampu memperbaiki peringkat pada empat edisi SEA Games sebelumnya.

Dengan keberhasilan ini, diharapkan dapat menjadi awal positif bagi kebangkitan olahraga Merah Putih. Peningkatan ini diinginkan berlanjut di multi event olahraga selanjutnya, baik tingkat regional, Asia, hingga dunia yakni Olimpiade.

Baca Juga

Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia untuk SEA Games Ferry Kono bersyukur karena kontingen yang dibawanya dapat memenuhi harapan Presiden RI Joko Widodo.

Lelaki yang menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) berharap prestasi ini dapat berlanjut.

“Sejak awal keberangkatan, kami tidak diberikan target tertentu. Namun berdasarkan hitungan dan analisa kami memang Tim Indonesia ini bisa masuk tiga besar dan Alhamdulillah prestasi itu dapat kami raih,” kata Ferry Kono selaku Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia usai mendampingi atlet-atlet Tanah Air yang diterima Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Senin (13/06).

Baca Juga

“Semoga capaian ini bisa menjadi penyemangat Tim Indonesia ke depan karena mekanisme baru pengiriman atlet membuktikan bahwa pembinaan prestasi olahraga kita telah berada di jalur tepat,” tambahnya.

Imbas dari capaian prestasi sepanjang gelaran SEA Games 2021, Presiden Joko Widodo turut memberi apresiasi berupa bonus uang dengan nilai total Rp 130,5 miliar untuk para atlet.

Serta total Rp 32 miliar untuk para pelatih dan asisten pelatih yang mendampingi para atlet di ajang SEA Games 2021 kali ini.


1. Rincian Bonus Atlet SEA Games 2021

Presiden Jokowi memberikan bonus kepada atlet SEA Games 2021 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (13/06/22). Foto: Lukas/Biro Pers Sekretariat Pres

Melansir dari keterangan resmi yang diterima INDOSPORT, disebutkan bahwa hadiah 130,5 miliar untuk para atlet berprestasi di SEA Games 2021 ini terbagi dalam tiga kategori dan diurutkan berdasarkan perolehan medali yang diraih.

Untuk peraih medali emas, para atlet yang turun di nomor tunggal akan mendapat bonus sebesar Rp 500 juta, sementara yang turun di nomor ganda akan mendapat bonus Rp 400 juta serta di nomor beregu sebesar Rp 350 juta.

Baca Juga

Sedangkan bagi pelatih, akan mendapat bonus Rp 200 juta untuk yang berhasil meraih medali emas di nomor perorangan/ganda serta Rp 300 juta untuk medali emas di kategori beregu.

Dalam acara pemberian bonus simbolis ini, hadir langsung Presiden RI Joko Widodo yang didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali serta Menko-PMK Muhadjir Effendy.

Sebagai informasi, Tim Indonesia yang tampil di ajang SEA Games 2021 Vietnam kemarin turun dengan kekuatan 499 atlet serta 214 official yang berpartisipasi di 32 cabor.

Baca Juga

Tim Indonesia ini juga mendapat dukungan dari official partners, seperti Wall’s dan Li-Ning, serta official media partner Merah Putih Media.

Rincian Bonus Atlet Indonesia di SEA Games 2021:


2. Apresiasi dari NOC

Presiden Jokowi memberikan bonus kepada atlet SEA Games 2021 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (13/06/22). Foto: Lukas/Biro Pers Sekretariat Pres

Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari mengapresiasi bonus yang diberikan pemerintah kepada atlet berprestasi.

Pemberian penghargaan ini juga menambah bukti Presiden RI Joko Widodo concern terhadap prestasi olahraga Indonesia.

Baca Juga

“Presiden tidak pernah menetapkan target, tetapi memberi doa dan harapan. Ini sangat bermakna karena kalau didoakan Presiden, semangat juang anak-anak dua tiga kali lipat bertambah,” kata Okto.

Lebih lanjut, Okto mengatakan perubahan mekanisme pengiriman atlet menuju multi event sudah berubah karena harus melewati sistem seleksi.

Kondisi ini yang perlu dipahami oleh federasi olahraga nasional, mengingat pembiayaan atlet menuju multi event menggunakan dana APBN.

SEA GamesJokowiSEA Games 2021

Berita Terkini