x

Diikuti Ribuan Pelajar, Kualifikasi SAC Indonesia 2022 Telah Sampai Jakarta dan Banten

Sabtu, 19 November 2022 08:25 WIB
Editor: Herry Ibrahim
Kompetisi atletik pelajar terbesar Tanah Air, SAC Indonesia 2022 akhirnya hadir di wilayah DKI Jakarta dan Banten.

INDOSPORT.COM - Kompetisi atletik pelajar terbesar Tanah Air akhirnya hadir menyapa para siswa dan siswi dari sekolah-sekolah di wilayah DKI Jakarta dan Banten. 

Mendapat antusias luar biasa lebih dari 3.000 peserta dari 200 sekolah tingkat SD,SMP, hingga SMA, Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia - Jakarta & Banten Qualifiers resmi dibuka pada Jumat (18/11/22) pagi di Stadion Atletik Rawamangun.

Pada hari pertama sekaligus pembukaan kualifikasi wilayah Ibu Kota dan Banten ini, langsung mempertandingkan 10 nomor lomba. 

Beberapa nomor lintasan atau lari masih menggelar babak penyisihan untuk menentukan para finalis yang akan tampil pada babak final perebutan podium juara pada hari terakhir, Minggu besok (20/11/22).

Sementara untuk nomor lapangan, seperti lompat jauh dan tolak peluru langsung digelar hingga babak final dan menentukan pemenangnya. 

Baca Juga

Vallenxia Tanza Gracia siswi North Jakarta Intercultural School naik podium juara lompat jauh putri tingkat pelajar SMA, usai mencatat lompatan sejauh 4,35 meter.

Sebagai juara dari jenjang SMA, Vallenxia Tanza Gracia akan maju ke babak National Championship. Yang akan dihelat pada 9-11 Desember mendatang. Nantinya, dia akan bertemu para juara lompat jauh putri dari regional qualifiers lain. Dia tak sendirian. 

Baca Juga

Ada Diva Rahmawati Sangaji (SMAN 10 Jakarta ) yang berhasil menjadi runner-up dengan lompatan sejauh 4,21 meter.

Sedangkan di posisi ketiga ada Rahila Savira Nadin dari SMAN 2 Pandeglang dengan jarak lompatan 4,12 meter Fadhil Muhammad Rizky dari SMAN 13 Jakarta menjadi champion pada persaingan putra tingkat SMA. 

Dia mencatat jarak lompatan terbaik, yakni 6,01 meter. Fadhil akan melenggang ke National Championship didampingi delegasi SMAN 1 Jakarta, Abdillah yang naik podium sebagai runner-up dengan jarak 5,97 meter.

Baca Juga

1. Potensi Besar Peserta

Kompetisi atletik pelajar terbesar Tanah Air, SAC Indonesia 2022 akhirnya hadir di wilayah DKI Jakarta dan Banten.

Sementara itu, Nawra Janitra Waraputri tampil istimewa di nomor tolak peluru tingkat SMP persaingan putri. 

Siswi SMPN 115 Jakarta itu berhasil menjadi yang terbaik setelah berhasil mencatatkan lemparan terjauh 6,91 meter. Dia mengungguli Novella Norrel Toharding.

Delegasi SMPK Tunas Bangsa ini menjadi runner-up dengan tolakan sejauh 6,60 meter. Tempat ketiga dihuni Belizia Putria Parizka dari SMPN 27 Jakarta dengan 6,59 meter.

Wakil Ketua Umum KONI DKI Jakarta, I Gede Sarjana menyanjung gelaran yang diadakan oleh Energen Champion bekerja sama dengan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan DBL Indonesia. 

Energen Champion adalah minuman cokelatberenergi yang mengandung susu dan telur dari Mayora. 

Baca Juga

Ia melihat potensi besar dari para peserta. Hal tersebut disampaikan saat menyaksikan 28 seri dari nomor lari 60 meter kategori putra tingkat SD. 

“Dengan cara-cara seperti ini kita bisa mendapatkan atlet-atlet muda. Saya tadi melihat dari tiga sampai empat rombongan sudah bagus sekali. Nah anak-anak itu tinggal dipoles saja. Dari kompetisi seperti ini harapannya mereka bisa berprestasi dan berkaliber internasional,”katanya. 

Baca Juga

Peserta dari Banten juga tak mau menyia-nyiakan kesempatan untuk berkompetisi. Seperti halnya delegasi dari SMAN 1 Ciruas, Serang, Banten. 

"Yang pertama adalah kami bukan menargetkan juara. Tetapi keikutsertaan terlebih dahulu. Memperlihatkan pada anak bahwa perlombaan yang sesungguhnya itu seperti ini. Di daerah sering ikut kejuaraan juga, tetapi persiapannya tidak sebagus ini. 

"Siapa tahu ini nantinya bisa diterapkan di daerah. Karena saya kebetulan sebagai pengurus daerah PASI," ungkap Ahdi, S.Pd, salah seorang guru yang mendampingi delegasi SMAN 1 Ciruas.

Baca Juga
AtletikKejurnas AtletikDKI JakartaLariBantenPersatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI)

Berita Terkini