x

SAC Indonesia National Championship, 336 Peserta Bersaing di Jakarta dan Bertemu Atlet Nasional

Jumat, 13 Januari 2023 06:09 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
SAC Indonesia masuki fase National Championship di Stadion Madya Senayan, Jakarta.

INDOSPORT.COM - Para pelajar putri dari delegasi Central Java Qualifiers (Jawa Tengah) tampil mendominasi pada babak penyisihan Energen Champion SAC Indonesia National Championship di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Kamis (12/01/23).

Dari persaingan nomor lari jarak menengah (1.000 meter), Aziyyati Dina Amalina dari SMAN 1 Pabelan menjadi yang tercepat dari 21 pesaing mewakili sembilan qualifiers pada babak penyisihan fase National Championship ini. 

Tak hanya dari lintasan lari, delegasi putri dari Central Java Qualifiers (Jateng) juga mendominasi pada nomor lapangan, tepatnya dari tolak peluru. Tiga pelajar putri mereka berhasil melaju ke final.

Total sebanyak 336 pelajar putra dan putri bersaing pada Energen Champion SAC Indonesia National Championship ini. 

Mereka adalah pelajar berstatus winner dan runner-up dari sembilan regional qualifiers, serta best 3 record untuk lima nomor yang diperlombakan, yakni sprint, relays, middle distance, long jump dan shot put. 

Baca Juga

Sebelum memasuki babak puncak National Championship ini, Energen Champion SAC Indonesia digelar di sembilan Regional Qualifiers yang bergulir mulai akhir Agustus hingga pertengahan Desember 2022 lalu. 

PB PASI menyampaikan terima kasih pada DBL Indonesia yang telah bersedia berkolaborasi untuk memulai perhelatan Energen Champion SAC Indonesia ini. 

Baca Juga

Energen Champion SAC Indonesia merupakan format baru PASI dalam upaya menjaring bibit-bibit atlet atletik. Selama ini PASI melakukan penjaringan lewat kompetisi yang diikuti langsung oleh atlet. 

"Ini yang membuat dukungan lebih kuat. Kompetisinya lebih banyak ditonton. Terbukti di 9 kualifikasi panitia bisa menghadirkan lebih dari 31 ribu peserta. Ini menjadi bukti atletik itu milik pelajar. Atletik itu milik anak-anak muda," jelas Sekjen PB PASI, Tigor Tanjung.

Para pemenang nasional ini, tak hanya mendapatkan gelar juara. Melainkan, akan diajak mengikuti training camp di fasilitas sports science ternama di Australia.

Baca Juga

1. Latihan bersama Atlet Nasional

Atlet nasional, Lalu Muhammad Zohri.

Selain itu, Energen Champion SAC National Championship memberi bekal bermanfaat bagi 336 pelajar berstatus yang terbaik dari sembilan regional qualifiers. 

Sebelum memulai berlomba di babak penyisihan pada Kamis (12/01/23), Mereka diajak melakukan trial track dan mengikuti sesi athletic clinic bersama atlet profesional di Stadion Madya.

Enam atlet nasional hadir dalam kegiatan positif tersebut. Ada Lalu Muhammad Zohri (sprint),Valentin Vanesa Lonteng (sprint), Febri Prasetyo (long jump), Mutiara Oktarani (middle distance), Tyas Mustiningsih (relays), dan Eki Febri (shot put).

Baca Juga

Keenam atlet andalan Indonesia itu memberikan berbagai tips dan trik kepada peserta Energen Champion SAC National Championship Sesuai dengan nomor andalan masing-masing. 

Selain itu, para student-athlete dari sembilan regional qualifiers ini juga mendapat kesempatan untuk bertanya langsung kepada para jagoan tim Merah Putih ini.

Baca Juga

Salah satu atlet nasional, yakni Zohri memberikan pengarahan terkait soft skills yang wajib dimiliki para atlet terutama sikap tidak pernah merasa puas. Menurutnya, itu adalah salah satu sikap yang rawan dialami para atlet.

“Meski semua sudah di Jakarta, tetapi jangan pernah merasa puas. Masih banyak mimpi-mimpi ke depan yang harus digapai. Masuk ke National Championship ini salah satu awal yang baik buat kalian,” ungkap Zohri.

Baca Juga
AtletikLariDevelopmental Basketball League (DBL)PB PASILalu Muhammad ZohriPersatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI)

Berita Terkini