x

10 Pola Sederhana Hidup Sehat Ala Atlet Profesional

Sabtu, 22 Juli 2023 15:34 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Komunitas lari Tangerang Crazy Runners.

INDOSPORT.COM - Hidup sehat adalah dambaan semua orang. Tapi terkadang untuk mewujudkan hal tersebut, butuh effort yang besar. 

Untuk itu, INDOSPORT.com mencoba membagikan sejumlah tips berdasarkan informasi dari para atlet Olimpiade agar hidup lebih berkualitas. 

Kali ini bukan menyoal diet ketat yang melibatkan penghitungan protein, karbohidrat dan lainnya. Tetapi lebih ke mengubah kebiasaan tertentu agar lebih produktif. 

Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan adalah dengan olahraga ringan seperti jogging. Lalu tidur delapan jam setiap malam. 

Kebiasaan itu juga sangat membantu meningkatkan kualitas hidup dan dilakukan para atlet di tingkat Olimpiade secara teratur. 

Baca Juga

Dilansir dari The Muse, atlet menyelam asal Amerika Serikat,  Kassidy Cook membocorkan salah satu rahasianya adalah menggunakan waktu istirahat yang cukup.  

Dengan tidur yang berkualitas dan cukup setiap malam, anda akan bangun dengan kondisi tubuh yang segar. Itu akan membantu meningkatkan konsentrasi saat bekerja. 

Langkah kedua yang bisa dilakukan adalah fokus pada nutrisi. Itu biasa diterapkan oleh petenis dunia, Novak Djokovic.

Baca Juga

Djokovic biasanya memulai harinya dengan urutan sebagai berikut. Minum secangkir besar air bersuhu ruangan, konsumsi dua sendok makan madu dan sarapan kaya nutrisi seperti oatmeal, kacang-kacangan, biji-bijian, buah, minyak kelapa, dan susu non-susu atau air kelapa.

Jika ritual yang dilakukan Djokovic untuk mempersiapkan tubuhnya menuju kejuaraan, maka anda juga dapat melakukannya sebagai mengisi bahan bakar untuk hidup sehat serta terhidrasi sepanjang hari.

Baca Juga

1. Jaga Pola Tidur

Komunitas Sepeda ByCircle yang Berawal Dari Sekumpulan Kawan Komplek Perumahan di Tangerang. (Foto: ByCircle Community)

Tips ketiga yang bisa ditiru adalah perbaiki kualitas tidur. Itu berdasarkan rujukan dari perenang Amerika Serikat, Michael Phelps.

Saat akan tidur, pastikan kamar anda segelap dan sedingin mungkin. Jauhkan barang elektronik dari tempat tidur dan cobalah tidur dan bangun dengan jadwal yang sama setiap hari.

Berikutnya adalah anda harus berpikiran positif. Itu kerap dilakukan pesepakbola putri Amerika Serikat, Carli Lloyd.

Berpikir positif dalam konteks ini adalah  menyiapkan rencana secara baik sebelum melakukan pekerjaan. Anda bisa membayangkan lebih dahulu, bahwa mampu dan bisa menyelesaikan pekerjaan anda dengan baik. 

Tips selanjutnya berkaca dari apa yang sering dilakukan atlet lari, Usain Bolt. Dia memprioritaskan waktu tidur atau tidak begadang. 

Baca Juga

Ketika saat tidur, tubuh memperbaiki dirinya sendiri. Karenanya, begadang dengan alasan yang kurang penting disebut akan merugikan anda dalam jangka panjang. 

Nampaknya kualitas tidur adalah hal terpenting bagi atlet, termasuk pelari maraton, Eliud Kipchoge. Baginya, tidur pada jam 9 malam dan tidur siang selama satu jam setiap hari adalah suatu keharusan. 

Tapi, bukan hanya itu. Ada satu tips penting yang diajarkan Eliud Kipchoge yakni mencatat atau menerapkan rencana ke depan. 
Dengan punya daftar apa yang akan dilakukan, anda bisa melakukan evaluasi terhadap pencapaian.  

Baca Juga

Langkah selanjutnya untuk membuat kualitas hidup lebih baik adalah membangun kepercayaan diri. Itu diterapkan oleh petinju wanita Amerika Serikat, Claressa Shields. 

Disampaikan Claressa, percaya diri bukan berarti sombong. Memiliki sifat ini, akan memotivasi anda untuk bekerja 10 kali lebih keras demi mendapatkan hasil yang diinginkan.

Belajarlah untuk berkomunikasi secara efektif, sehingga anda tidak mudah teralihkan ketika melakukan hal penting. 

Baca Juga

2. Wajib Sarapan

Terlihat beberapa pengunjung sedang jogging di sepanjang pantai Sanur, Denpasar Selatan, Bali, Rabu (26/6/2019) pagi. Foto : Nofik Lukman Hakim

Tips selanjutnya adalah jangan serius sepanjang waktu atau bersikap rileks. Itu disampaikan atlet senam atau gymnastics asal AS, Simone Biles. 

Anda bisa menerapkan ini. Contoh sederhananya adalah beristirahat sebentar dari pekerjaan untuk berjalan-jalan di sekitar taman dekat kantor anda.

Atau anda menghabiskan 15 menit melihat-lihat majalah di toko setempat. Intinya adalah berikan pikiran anda istirahat sejenak dari rutinitas kerja yang melelahkan. 

Tak mau ketinggalan, atlet renang AS, Katie Ledecky juga punya rutinitas positif yang bisa jadikan rujukan yakni tidak khawatir berlebihan dan menikmati hidup atau berbahagia. 

Merasa cemas akan membuat pikiran yang mengkhawatirkan mulai muncul. Hal itu harus dibuang jauh-jauh, sehingga anda dapat berkonsentrasi. 

Baca Juga

Jika anda cenderung cemas, cobalah sesuaikan pola pikir Anda. Pikirkan hal lain, sesuatu yang tidak membuat anda stres.

Tips terakhir adalah wajib sarapan. Itu dikatakan atlet voli AS, Misty May-Treanor. 

Baca Juga

Jadikan sarapan sebagai prioritas. Apapun itu makanannya, roti, telur dan lainnya anda wajib makan supaya punya energi yang mampu tingkatkan produktivitas. 

Intinya, anda tidak perlu meniru persis apa yang dilakukan oleh para atlet Olimpiade tersebut. Tetapi itu bisa jadi contoh untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Perlu diingat, setiap orang berbeda jadi sesuaikan dengan situasi anda. 

Baca Juga
Usain BoltMichael PhelpsNovak DjokovicKomunitas Sehat

Berita Terkini