x

Dokter Tim PSIS Minta Para Pemain Jaga Prokes dan Terapkan Pola Hidup Sehat

Minggu, 23 Mei 2021 15:55 WIB
Kontributor: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Dokter tim PSIS, Alfan Nur Asyhar.

INDOSPORT.COM – Tim PSIS Semarang mulai melaksanakan latihan sejak Kamis kemarin untuk memulai persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 2021.

Namun, seperti beberapa waktu lalu, latihan Laskar Mahesa Jenar kali ini masih tetap dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 yang belum usai.

Oleh sebab itu, harus ada sebuah adaptasi kebiasaan baru yang harus tetap dilaksanakan pemain dan official PSIS. Apalagi, sebuah klub sepak bola seperti PSIS mengharuskan bagi pemain untuk berkerumun di lapangan pada saat latihan.

Baca Juga
Baca Juga

Menurut dokter tim PSIS, Alfan Nur Asyhar, ada saran khusus yang harus dilaksanakan pemain dan official pada saat kembali melaksanakan latihan di tengah pandemi Covid-19 yang belum usai.

"Yang pertama jangan lengah. Protokol 5M yaa selalu dijalankan. Pakai masker mulai dari mes. Di bus pada saat berangkat latihan juga,

"Diusahakan tidak foto dengan fans dulu. Cuci tangan dan pakai hand sanitizer juga tetap rutin dilakukan," tutur Alfan di sela-sela mendampingi tim PSIS melaksanakan latihan.

Baca Juga
Baca Juga

Tak berhenti di situ, para pemain PSIS juga diminta tidak menggunakan masker hanya pada saat-saat tertentu seperti latihan. Selain momen tersebut, para pemain dan official diminta untuk tetap menggunakan masker walaupun sudah dinyatakan negatif Covid-19.

"Kemudian kesempatan untuk tidak mengenakan masker ya hanya di lapangan. Setelah itu tetap laksanakan protokol. Mau makan buah dan minum pada saat latihan juga harus membilas tangan pakai hand sanitizer," imbuh mantan dokter tim Bhayangkara FC ini.


1. Tak Boleh Lengah

PSIS tak boleh lengah menghadapi ancaman penularan virus corona Covid-19.

Alfan juga mengingatkan keberhasilan menjalankan protokol kesehatan di Piala Menpora jangan membuat pemain dan official menjadi lengah. Apalagi, di tim PSIS kemarin nihil kasus Covid-19.

Selain itu, para pemain dan official yang mayoritas sudah mendapat vaksin juga diminta untuk tetap disiplin prokes karena menurut Alfan dan para dokter lainnya, vaksin belum bisa untuk mencegah penularan Covid-19.

"Kemarin Piala Menpora kan bagus itu prokesnya. Itu harus dipertahankan dan kalau bisa lebih disiplin. Jangan lengah itu tadi," ujar Alfan.

"Selain itu, kita syukuri Alhamdulillah semua sudah divaksin. Namun itu juga jangan buat kita jadi lengah, tetap laksanakan prokes," lanjut Alfan.

Terakhir, dokter tim asal Yogyakarta ini mengingatkan soal pola hidup sehat yang harus terus dilaksanakan komponen tim di aktifitas sehari-hari. Pola hidup sehat yang dimaksut yakni konsumsi makanan sehat serta mengatur waktu untuk istirahat.

"Latihan awal-awal gini kan cukup berat dan menguras tenaga. Oleh sebab itu, pemain harus makan-makanan bergizi dan suplemen, vitamin yang sudah disediakan. Istirahat juga yang cukup supaya di tengah pandemi seperti ini, imun tetap terjaga," pungkas dokter tim PSIS sejak tahun 2020 ini.

PSIS SemarangLiga IndonesiaLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1Liga 1 2021

Berita Terkini